Thursday, January 19, 2006

No Commercial Purpose

Di semester akhir 2005 kemaren, aku sempat bikin kartu ucapan ultah buat beberapa teman. Well, ada yang sempat aku bikinin ada juga yang engga. Sumpah rek, bukan maksud mendiskriminasikan... Cuma emang sikon-nya ada yang memungkinkan dan ada yang engga. Asli aku nyesel ga bikinin buat beberapa temen yang sebenernya malah termasuk kategori bestfriend of mine.
Buat yang dapet tu kartu, maap kalo kartunya jelek, yang penting kan perhatiannya (glodak!!). Namanya juga buatan tanganku sendiri, One in a million productions... halah, ngomong apa. Tapi makasih kalo kalian bilang bagus, that’s mean a lot to me (pipiku memerah loh).
Helty pernah nanya, “Kok kamu ga bikin buat dijual?” Aku bilang, “Aku jual kalo ada yang pesen Tun. Kalo ga ada ya aku bikin buat dikasih ke temen2 ndiri aja. Itu juga kalo sempat.” Coba ikutin saran Helty yang for the commercial purpose tadi, akhirnya aku coba bikin kartu ucapan buat moment di bulan depan, Valentine. Baru jadi satu kartu, tapi kok ada yang aneh. Rasanya tu kartu kok garing ya. Aku sendiri ga puas dengan hasilnya. Its just like.. not represent anything. Soul nya ga dapet, konsep nya kabur, tema nya kosong, kalimat ucapan yang aku ambil dari Hallmark pun rasanya ga nyentuh hati.
Sempat kepikiran, apa karena aku jomblo jadinya aku ga dapet soul valentine? Halah... emang valentine Cuma buat couple? Kita kasih valentine buat bestfriend juga sah-sah aja kan. in fact, kartu pertama yang aku bikin kemaren tu temanya juga buat friendship, technically konsepnya tentang persahabatan yang turning into love. Ni kartu sebenernya cocok buat sapa aja yang feel in crush ama temen sendiri, trus niat nembak pas valentine (loh yah, malah promo...).
Cak O’ong bilang kalo aku keburu itung duit untung, kartunya jadi asal2an (halah, bikin gitu2an mah untungnya kecil bahkan cenderung dikit). Kalo Oeyoen bilang mungkin karena aku kurang tulus jadinya aku ngerasa ga puas (mmh, bisa jadi tuh).
For me, kartu ucapan itu mewakili perasaan dan apa yang mo diucapin ke si penerima kartu. Dari sudut pandang pengirim “I want you to know that..”, sedangkan dari sudut pandang si penerima “now I know that..”. So, what I need is the concept. Coz daya imajinasi dan kreativitasku kayaknya masih amatiran deh... namanya juga masih belajar. No card production with commercial purpose. At least for this time deh. Ato mungkin ada yang mo pesen ke aku? Huhehehee...

2 comments:

Anonymous said...

Jadi inget ma tmn SMA ku, dia pinter ganbar, trus terima pesenan kartu ucapan, sesuai permintaan..mo gambar yg spt apa.
wah jgn2 bakat wira usahamu muncul krn lama bergaul dgnku, hehe pedagang daster !
Trus jgn2 aku tms temen yang gak dapat kartu itu yaa, sedih !
Tapi siapa tau kamu ngerasa gak pas ngasih kartu itu ke aku, takut gak dapet soul...btw ora popo kok.

Aku ya sering kok yan kasih kartu, ehm mungkin namanya bukan kartu, tapi sesobek kertas..
like "i love you ibuk.." pas ultah'e ibukku, (dan tyt pas kmrn aku plg trus bersih2 lemarinya ibuk, aku masih menemukan sobekan kecil itu..uh jd terharu)
sobekan kertas "trims ya bapak.." pas bpk ngasih aku something, syukuran gaji ke 13, hehe..juga tersimpan di meja kerja beliau...
dan terakhir...serpihan (sobekan kecil) kertas "i love you, ahmadku..hehe nggmbal yo...ada tuh di dompete hudz-hudz, pas dia buka mo mbayari aku jajan putu...

Dan menurutku bahasa tulisan memang lebih berkesan..kalo sms kan biasa..
lagian pengiriman via pos menurun 48%(th 2004)lho sjk ada sms..yah itung2 kasih kerjaan ke pak pos biar gak di PHK..
selamat mengirim kartu yaa..kalo bisa ya via pos..ben sing dikirimi tambah SuRpRizzzz!!

Anonymous said...

hee....kabar gembira...
pesen satu vals card...tapi ukuran 2x lebih gede dari yg kmu kasi ke aku...harganya juga 2x lipat kah?buruan ya....ada yg menunggu kbar ini....