Thursday, August 17, 2006

hari proklamasi

HUT Republik Indonesia ke-61 *horeee... pitulasan*

kangen juga nih ikut upacara... hmm, kalo diinget-inget ada kalo 6 taon ga ikut upacara. selama 6 taon ini ikut upacara di istana negara lewat siaran langsung peringatan detik-detik proklamasi di tv. balik lagi dah kayak dulu pas Dian masih kecil dan blom masuk TK.

bicara tentang upacara... nasib Dian sewaktu skul ga pernah lepas dari yang namanya jadi tugas upacara. pas te-ka, Dian dapet tugas dari bu guru tugas kalo ga baca Pancasila, ya mimpin lagu Indonesia Raya... es-de, kalo ga salah kelas 5, dapet tugas dari pak guru, selama setaon tiap hari Senin jadi yang mimpin lagu Indonesia Raya, pake acara lari-lari laporan ke pemimpin upacara di awal+akhir upacara... es-em-pe, ni Dian heran, seinget Dian petugas upacaranya selalu pengurus OSIS... Dian kebagian tugas jadi pembawa teks Pancasila. sebel banget, Dian berdiri di tengah lapangan gitu ndampingin pembina upacara (biasanya pak kepsek kalo ga wakasek)...
es-em-a, hasil dari masa orientasi yang juga pembibitan anggota, Dian akhirnya ikut ekskul Paskibra. tiap hari sabtu latian rutin macem lari-lari, push-up, sit-up, baris-berbaris, skalian gladi resik buat hari senin. tapi Dian ga sering tugas, coz Dian kan tinggi, nah cowok-cowok yang tinggi pada males latian, so Dian ga ada gandengannya, he3x... biasanya Dian kebagian tugas pengibar bendera.

terakhir Dian ikut upacara taon 2000. Dian tugas di balai kota (kantornya pak walikota), jadi Paskibraka gitu deh, kebagian di pasukan 45 paling depan. ha3x, setelah 6 bulan pelatihan fisik ma mental plus kulit jadi item... lega juga pas pengibaran ama penurunannya berhasil. ada rasa bangga juga sih... Dian juga ga aktif di PPI (purna paskibraka indonesia), jadinya ga terlalu involved ama persiapan pengibaran di taon-taon berikutnya. paling-paling cekikikan aja kalo ada junior capaska (calon paskibraka) yang 'ngeh' kalo Dian anak PPI, asli mereka diwajibkan kasih 'hormat' ke seniornya. bayangin aja, lagi di tempat umum (mall ato warnet) tiba-tiba ada yang 'hormat'... tapi emang protokolernya gitu, ya sud... sambil malu-malu kaget Dian ngangguk aja balesin hormat-nya.

tiap tujuhbelasan gini nih... muncul deh rasa kangen ke temen-temen PPI 2000. temen-temen sependeritaan... he3x, suka duka pas masih capaska bener-bener kenangan tersendiri deh. biarpun (jamannya Dian taon 2000) bayarannya dikit dan ada isu-isu korupsi, biarpun terasa rugi waktu, tenaga dan biaya... tapi Dian anggap untung aja lah dapet pengalaman ama dapet temen (biarpun udah ga ada kabarnya lagi dan sok-sok "siapa ya?" kalo ketemu)

anyway, selain upacara protokoler gitu... yang ga ada matinya itu upacara2an di kampung setempat. nah disini kadang-kadang Dian masih disuruh mengemban tugas mimpin lagu Indonesia Raya. mimpin tetangga-tetangga Dian nyanyi gitu. sekarang udah mulai lepas tugas, he3x. asyik nih, upacara tujuhbelasan di kampung. salah satu bentuk meningkatkan nasionalisme, kebersamaan dan kekeluargaan di jaman yang serba individu saat ini. biasanya dengan susunan acara macem: doa pembuka, nyanyi lagu Indonesia Raya, sambutan2, doa syukur, trus ramah tamah. nah ni dia ramah tamah... Dian sih ga
terlalu peduli ama acara hiburan anak-anak kecil nyanyi ato nari, yang penting makan-makaaannn, he3x. masakan ibu-ibu setempat enak banget, apalagi mama-nya Dian ikutan masak... wah yang dinanti-nanti tuh. biasanya kalo lagi ga tugas, Dian nimbrungnya pas acara ramah tamah dimulai. hhhmm, enak enak enak enak, he3x. hari minggu besok Dian mengemban tugas jadi terima tamu, pake kebaya gitu... halah, biarin wes... yang penting makan-makaaannn.


Dirgahayu Republik Indonesia ke-61.
kemerdekaan untuk kita semua... semoga ^_^

6 comments:

Ireth Halliwell said...

MERDEKA!!!

Heh.. telat banget.. sekarang udah tanggal 18 :P

mr.dadang said...

hmmm... di daerah rumah saya tidak menunjukkan peringatan2 proklamasi yang berarti. Lomba2 aja ngga ada. Kalo dipikir2 mungkin kayaknya sudah semakin menipis aja sifat kebersamaannya. Ngga enak banget.

psst: denger2 ada yang baru show di batu tv loh, kung! sapa sih? kamu kenal nda?

aribowo said...

aku juga dari es-de sampe esema sering banget jadi petugas upacara, sampe males terkadang

hedi said...

wah...dian. i knu it. at the 1st time si cm tebak2 manggis aje apa km yg lg berlenggak lenggok. ko kynya knal. didukung pernyataan dimas yg blg "Hed, tau ngg klo dian td mlm......"

huehe..pdhl km cm kliatan sparuh aja lo yan (krna tv q error, so kpalany ngg kliatan deh)

waduuh....kynya bakal jadi planner yg model ni ataw model yg planner ya...huehehe..congrats ya

deep_track said...

MERDEKA...... kemarin upcara di puncak Lawu lho... wakakakaka....k :p sekarang semakin sedikit ya orang yang peduli akan kebersamaan dan nilai dari sen\buah kemerdekaan

Anonymous said...

n1n4 says.....
"salam satoe jiwa" .Omong2 soal pitulasan ...u ga ikutan karnaval ta yan ;))