Saturday, September 23, 2006

hantaran kue

siang-siang pulang kerja, turun dari angkot jalan kaki nyampe rumah dalam keadaan lelah gemulai, kelaparan, kecapekan, "eh, KD ya"... 'bukan kok, Dian Sastro donk'. dua orang teman udah menunggu dengan bahagia, meniup-niup kue panas yang dihidangkan mama. fiuuhh.... baru slesei cuci muka tiba-tiba...

"Yaaaaaannnnn, kmu udah pulang ya... ayo ini tolong anterin!"
menghampiri mama, 'da pa ma... ma aku laper...'
"ayo anterin ini dulu, kotak ini buat Tante Mecen, yang ini buat Andri."
'tapi ma... aku laper.'
"ayo cepetan, mumpung masih anget-anget gitu"

pergilah nganterin tu kue. dengan segala senyum basa-basi yang dipaksakan dari hamba sahaya yang kelaparan. 'ini dari mama...'

nyampe rumah, nyapa temenku 'kalian ngapain kesini?'
"mumpung blom puasa, kita mo beli rujak nya mama-mu"
'mama-ku kan ga jualan hari ini...'
"jualan kok, khusus buat kita. tuh lagi dimasakin"

"Yaaaaannnn....."
'ya Maaaaaaaaaa'
"ini anterin ini ke orang-orang Jl. Bangka"
'tapi Ma... aku laper'

slesei anterin, istirahat deh sambil ngobrol ma temen-temen. ga lama, mama anterin pesenan temenku, 2 porsi rujak uleg yang menggiurkan...

'eeerrrr... punya ku mana ma?'
"loh kamu mau ta"
'emang Mama ga bikinin buat aku juga?'
"engga, kirain kamu ga mau. udah tunggu ayam goreng aja kamu"
'tapi ma... aku laperrr'

hingga akhir cerita, hingga siang berganti sore... aku blom makaaaaaannnn T_T. mama nerusin bikin kue-kue, trus lanjut dengan acara arisan PKK yang digelar di rumah. huwaaaaa... terpaksa deh ngeganjel perut makan kue-kue yang gosong.


*itu lah, penderitaan di sore hari yang cerah.*


menjelang ramadhan di keluarga Dian selalu aja ada tradisi anter-anter kue. dan itu selalu kue apem ama lemper. why knapa selalu always... i have no idea. pas ditanya, jawabnya ya "udah tradisi, dari jamannya nenek, jadi kudu ditrusin". knapa juga kue apem, "ya emang tradisinya gitu". so, ga ada yang bisa jelasin sejarahnya. padahal pengen tau aja, itu artinya gini loh bla bla bla, tu kue melambangkan kalo bla bla bla... karena ada juga tetangga yang ngejalanin tu tradisi, jadinya kayak lempar-lemparan kue gitu. knapa ga lempar-lemparan anak cowok cakepnya aja ya, huehehhe... mau juga dong kalo Junot dilemparin ke rumah Dian buat hantaran Ramadhan, ntar yang nglemparin Junot bakal Dian lemparin kakak-nya Dian, hohohohoooo... *ga penting banget sih*

anyway, menjelang Ramadhan... eerr ato udah kali ya bagi yang baca postingan ini pas udah mulai puasa... Dian mohon maaf lahir batin, kalo-kalo ada salah kata, salah tulis, salah ketik, salah postingan yang tak berkenan di hati. moga-moga Dian dan Anda-anda semua bisa meningkatkan taqwa nya di bulan suci Ramadhan ini.
Selamat beribadah puasa, bagi Anda yang menjalankannya...

9 comments:

chocoluv said...

hwehehehe... selamat menjalankan ibadah puasa ya mbak...
kok apem sama lempernya ga sampe jogja heheheh :D

tjahaju said...

^^chocoluv: ho oh mon ga nyampe, soal e aku laperrr, ga kuat kalo anterin ke jogja...he3x

piter said...

bagi dongg...hehehe

met puasa ya!!! smoga lancar.

wedhouz said...

lah... jamann disik khan gak ono bronis opo blekfores. onone gur apem karo nogosari :-P
mangkane sing digawe yo panganan ngono kuwi...

mr.dadang said...

apemnya enak...

isma-note said...

hai dian..tidak tahu nak cakap apa,cuma hai

tjahaju said...

^^piter: thanks ya

^^wedhouz: hhmmm, masuk akal penjelasane

^^mr.dadang: iya duoong

^^isma-note: dian nak cakap, "hai juga"

kana said...

hehehe.... itung2 latiha puasa lah... :D

Spedaman said...

lho kok pulang naik angkot?
si Kevin kemana?
ato chitchat bareng spedaman aja deh:P
hehehe,,,