Tuesday, November 14, 2006

hari pahlawan

i know.. a litle bit late, biar bagaimana jiwa nasionalisme Dian tergelitik juga buat sedikit ber-chitchat tentang hari pahlawan. mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan di masa penjajahan Belanda. juga sebagai intropeksi diri bagi anak cucu, tentang pentingnya mengisi kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan bersama.

tapi yang paling menggelitik Dian untuk ber-chitchat adalah para veteran. para kakek-kakek berkopyah kuning. mereka yang masih tegap dan berwibawa memberikan hormat kepada bendera merah-putih pada saat upacara. saluuut...

melihat kakek-kakek veteran itu, imajinasi Dian selalu melayang ke kehidupan para kakek ketika masih muda. flashback ke tahun 30-40an kali ya. menyisihkan kenangan tentang ketegangan perang, menuju ke kenangan kisah cinta si kakek... back to those era, kalo dari sisi fashion masuk di era vintage kali ya... jalan-jalan dipenuhi pemuda dengan baju pejuang, pemudi berpakaian perawat, hmmm... *keinget film Pearl Harbour*. trus ada swing dance, juga ada era piringan hitam dan siaran radio dengan propaganda terselubung untuk mengobarkan semangat perjuangan... trus ada juga lagu-lagu perjuangan, tak kalah menarik lagu-lagu cinta para pejuang, huekekkee.... sepasang mata bola, jembatan merah, teluk bayur, sabda alam, dimana dia, kopral jono... huakakka, bener ga sih itu lagu-lagu cinta para pejuang, abisnya di imajinasi Dian kayak gitu sih (maaf jika terdapat kesalahan imajinasi, loh apa hubungannya?!)

ada pemuda memberanikan diri memperkenalkan diri, ada gadis yang tersipu malu menerima pernyataan cinta, ada kisah cinta terjalin, ada tawa dan tangis haru karena perpisahan menuju medan perang... ada tawa dan tangis haru karena pertemuan kembali... how sweeettt, maniss bangget...

ini nih, Dian iseng-iseng googling nemu poto jadul ini. lupa sumbernya, tapi judul tag-nya sih divisi siliwangi.



bagus ya poto-nya... soul-nya dapet. kalo diliat dari senyum mereka semua, kayaknya ini kereta kedatangan yang membawa para kekasih pulang kembali, hueheheheee...
anyway, selamat hari pahlawan buat kakek-kakek veteran... a hero that never fade away ^_^

11 comments:

thuns said...

itu yg dipojok kiri atas... ada kepala nongol itu kan neneknya dian :)) hahaha... :))

zam said...

wekeke...

sepasang mata bola.. lagu yang keren!!

apalagi kalo ditambah.. Kopral jono...

mantab!!!

chocoluv said...

*ikutan zam, nyanyi sepasang mata bola*

hampir malam di jogja,,,
ketika keretaku tiba...
remang remang cuaca, terkejut aku tiba-tiba...
dua mata memandang seakan-akan dia berkata...
lindungi aku, pahlawan,
daripada si angkara murka

sekian, terimakasih :D

dirac said...

wah, dapet fotonya di mana yach? aku nyoba googling koq ndak nemu...

Anonymous said...

coba jaman sekarang ada pejuang seperti jaman dulu,,
rela berkorban demi bangsa tanpa mengharapkan pamrih apalagi korupsi:P

*pura-pura serius mode on*

rhani said...

kayaknya cewek2 itu pemilik warung2 makan di pinggir stasiun. trus pejuang2 yg di kereta itu sambil nunggu kereta berangkat pesen bakso dulu. "bakso 2 mangkok ya mbak, ngga pake sawi, ngga pake lama. kretanya udah mao jalan nih" (hush!)
*lariiiii.... :p

mata said...

sampai melotot lihatin itu foto
gila !!!
bagus banget... emang bener soulnya dapet. kek bisa ngerasa kembali ke jaman itu

say said...

serasa berada ditahun itu... dan serasa mo naik kereta itu juga...

btw tjahaju... kenapa aku gak bisa ngeshout diSB ya....

ario dipoyono said...

met hari pahlawan. and salam kenal;

aryapunk said...

pure posting, nice graphic, dan beneran yan soulnya dapet tuh postyingan ketemu ama gambarnya hehehe.. kreatif :) met sibuk2 :D

Anonymous said...

fotonya keren,, postingannya jg oke punya siipp.. mantap.. ;)

iyya pake beta kyknya lebih rapih dashboardnya :)