Friday, December 1, 2006

lagi pengen chitchat ngelantur

googling di warnet untuk sebuah tugas mata kuliah Sistem Informasi Perencanaan pada masa yang lampau. tugasnya jelas, cukup ngetik keyword GIS di search engine, abrakadabra... nilai B pun didapat di akhir semester (^_^)

Geographic Information System... wauw... kagum banget ama kegunaan program ini. biarpun pengetahuan masih minim dan cenderung gaptek kalo disuruh jelasin how to run this program ama peralatan apa yang diperlukan... tapi karena dapet nilai B jadi bisa sedikit ngejelasin kalo kegunaan program ini bisa sangat-sangat-sangat-sangat-sangat berguna sekali sebagai sebuah basis data informasi.
GIS pasti semua udah pernah denger kan? tapi pasti jarang yang tau gimana bentuknya... sama dunk (>_<) sedikit dijelasin dengan bahasa chitchat ya (^_^)
jadi GIS semacam program pemetaan (namanya juga geographic, pasti berhubungan dengan bumi, dan ga jauh juga dari yang namanya peta) secara digital yang menginventarisir informasi2 tentang suatu potensi wilayah tertentu.
informasi2 hasil survey manual diinventarisir alias dipetakan secara digital pada sebuah layer informasi... satu layer memuat satu bidang informasi. sehingga semua bidang informasi yang sudah terpetakan dalam masing2 layer akan membentuk suatu basis data informasi... sebuah data mentah yang dapat di-update kekiniannya sehingga lebih memudahkan penganalisaannya.

misal nih, Sistem Informasi Geografis untuk menanggulangi kebakaran hutan... dengan GIS sebagai basis data, buka peta wilayah rawan kebakaran hutan, misalkan wilayah W (bosen dengan huruf A), trus tumpang tindih dengan layer informasi, misal layer vegetasi wilayah W, layer fauna wilayah W, layer hot spot ato titik api wilayah W, layer arah angin wilayah W, dan layer2 informasi lain... setelah semua data didapat, trus dianalisa deh... kalo arah angin bulan ini begini dengan vegetasi sedemikian rupa yang juga rawan terhadap si hot spot maka sebagai tindakan pencegahan hendaknya bla bla bla... hehehe, bukan ahlinya, ga bisa nerusin, maklum... mahasiswa dengan IP pas2an dan molor ngelarin kuliah *semoga cepet lulus kuliah... Amiin.. v(^o^)*

itu lah sedikit penjelasan googling-an GIS di waktu yang lampau, ketika Dian blom ngenal blog pula. tapi saking 'wauw'-nya alias saking kagum-nya... sampe skarang masih keinget aja hasil translate-an acak kadul-nya. keyword GIS (Geographic Information System) lebih banyak menghasilkan link web dengan penjelasan lengkap disertai contoh nyata, daripada menggunakan keyword SIG (Sistem Informasi Geografis). waktu itu cukup ber-wauw2 ria aja ngebaca betapa canggihnya, betapa menguntungkannya... seperti memegang "globe" di tangan kita. tapiiii... juga cukup tersadarkan mengingat.. tau ndiri lah.. boleh dibilang terbatasnya SDM dan teknologi.

karena tersadarkan oleh "keterbatasan" itu... akhirnya ngayal deh. maybe its too good to be true, but its very good if it be true... negara kita tercinta, Indonesia, seperti dibilang di buku sejarah waktu SD dulu, kaya akan hasil bumi, bahan galian dan kekayaan alam lainnya. oke punya deh, kalo anak cucu tumpah darah Indonesia ini memanfaatkan sebaik mungkin. apalagi dengan teknologi GIS... pasti sip banget kalo segala kekayaan alam Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang berjajar pulau-pulau ini diinventarisir dan dipetakan jadi layer-layer tertentu.
misal aja layer potensi gas alam... busyet dah, ampe ada yang bocor-bocor gitu. di suatu daerah di Kalimantan ama Jawa Barat (klo ga salah) mo ngebor sumur cari air malah dapet gas. wedew, salah titik tuh... coba kalo udah dipetakan, insya Allah, ga salah titik lagi ngebornya...
kayaknya emang perlu banget tuh penginventarisan, jaga-jaga aja kalo ada perusahaan asing milih wilayah tertentu, dengan surat perijinan U tapi ada udang dibalik batu juga mengantongi ijin yang melindungi tindakan P (bener2 bosen pake huruf A)... so Indonesia ga kecolongan telur emasnya lagi.
asal proses inventarisir ato pengumpulan data survey-nya bener2 valid dan ga dikarang2. dana survey juga ga disalahgunakan... pasti basis data-nya juga bakal valid. dan lagi, bisa menciptakan lowongan kerja juga, sekalian berbakti pada bangsa... hohoho, masya sich (^_^)

6 comments:

wedhouz said...

orang asing mungkin sudah pada punya gis-nya indonesia :-P
kita aja mungkin malah yang belum punya :-P

Anonymous said...

alhamdulillah dah mendalami GIS hampir 4 tahun ini ... berbasis web .. sapa mo belajar ... just visit me at www.hendito.org

hehehe

pyuriko said...

selamat dapat B...

baca buku GIS, mayan sulit jg, hehehe

rhani said...

That's exactly what our beloved country needs!!!
Ayo dian, diterapkan ilmunya! ;)

Aku dah balik lagi nih.. kemarin cuti itu ke Makassar & Jayapura.

Btw, mau nulis dulu ah: AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA
(hehe...biar diannya tambah bosen sama abjad A :D)

aribowo said...

yach seperti itulah indonesia selain karena alasan sdm nya yang belum siap, selalu tentang dananya yang besar untuk membangun suatu sistem yang sebenarnya baik untuk semuA

Ireth Halliwell said...

Saya tahunya cuma Google Earth :P

BTW, Happy very belated birthday ya ^^; Ya ampun.. 2 bulan lupa main ke tempatmu :D