Thursday, March 22, 2007

travelogue narcis: ogoh-ogoh taon baru saka 1929

wah sip wes, abis ngantongin ijin bolos dari atasan, dengan tanpa beban berangkat liat ogoh-ogoh di Batu.. itu semacam upacara penyambutan Hari Raya Nyepi. kebetulan jauh-jauh hari dapet info dari temen-nya Dian yang penganut Hindu, intinya disuruh nonton karnaval-nya dia gitu.so Dian kesana ama temen-nya Dian yang lagi demen foto-foto pake kamera barunya yang gede. juga ditemenin dua temen temen-nya Dian. nyampe sana kita berempat ketemu ama temen-nya Dian yang Hindu tadi… suasananya serasa di Bali, coz pada berkostum pakaian adat gitu. yang cowok pake sarung, kemeja, ama udeng di kepala. yang cewek pake kebaya, kain, ama semacam selendang yang dililit di pinggang kayak obi. jangan nanya ke Dian deh tentang makna dan rangkaian acara-nya.. coz niat Dian kesana murni Cuma pengen jalan-jalan ama poto-poto, huehe3x. ya wes secara garis besar, para umat ngumpul di lapangan stadion Batu-nya, boneka ogoh-ogoh juga dikumpulin di pinggir lapangan… yang bikin kayaknya perkumpulan muda-mudi Hindu se-Malang (mungkin kalo di Islam tu semacam remaja masjid mana gitu). kalo perkumpulan temen-nya Dian itu namanya ‘Prabu Kerta’. upacara-nya ini semacam doa sebelum Hari Raya Nyepi (mungkin kalo di Islam semacam malam takbiran, ato kalo di Kristen semacam misa Natal). anyway, sambil nunggu umat ngumpul, perkumpulan itu tadi gantian mainin alat musik yang cempreng khas Bali itu (kalo di Islam semacam terbangan gitu kalik). sementara itu si pemuka agama-nya ato Pandhita, ada di panggung khusus penuh sesaji lagi baca-baca doa dengan khusyuk. beberapa Pandhita lain berdiri di depan masing-masing ogoh-ogoh, baca doa sambil nyipratin air kembang ke tu boneka. abis itu umat-nya mulai sembahyang...

sementara umat sembahyang.. kita berempat jalan-jalan eh bermotor naik ke suatu bukit tempat-nya olah raga Paralayang. wiiii... udara nya dingin, mendung pula. pas nyampe sana, Cuma ada couple-couple lagi liat pemandangan, so kita lanjutin poto-poto lagi. kebetulan ga lama itu para penerjun udah naik mo terjun lagi. Ga sempat ngajak ngobrol coz smua pada buru-buru terjun, mo ujan soalnya...

temen Dian nelpon, ngabarin kalo sembahyang-nya udah slesei.. padahal tadi ga janjian minta ditelpon, ga pamit lagi kalo mo ke paralayang, he3x... ya wes, balik ke stadion lagi.

Setelah sembahyang-an, boneka ogoh-ogoh diarak keliling kota Batu (ya menurut rute tertentu dan terdekat). Finish karnaval-nya balik ke stadion lagi. Setelah nyampe, tu boneka dimain-mainin... diguncang-guncang, diputer-puter, sambil diiringin musik cempreng khas Bali tadi. Berhubung hujan, tu mas-mas nya banyak yang kepleset pas mainin tu boneka. yang Dian liat jatoh pas mas yang cakep lagi, aduuh kasiaaan.. emang nakal itu ogoh-ogoh nya mas. anyway, abis dimain-mainin, itu ogoh-ogoh nya kemudian dibakar setelah sebelumnya dibacain doa-doa. ya inti-nya sirnalah keangkara-murkaan di bumi ini. ha3x, kalo masalah makna upacara-nya silakan googling sendiri aja ya. ni liputan rada narsis, banyak poto-nya daripada cerita acaranya, he3x. ni dia partner in crimes nya kemaren...

slesei acara, pulang ke Malang kurang lebih satu jam perjalanan, sambil pake mantel coz keujanan. he3x... gpp deh yang penting seru. then, pamerin poto-poto, ha3x... banyak yang ngiri n marah coz ga diajakin *maap.. maap.. fix brangkat-nya aja ndadak*, nyesel ga ikutan liat *ya itu mah salah anda sendiri*... ada juga yang Dian bo’ongin kalo Dian abis dari Bali *bodohnya dia sempat percaya, ha3x*... temen-nya Dian yang Hindu ngomel kok poto-nya dia Cuma dikit *ha3x, makanya jangan sok jaim kalo ada kamera, ha3x*.
sampai jumpa di travelogue narsis berikutnya ^_^


*uwa.. kok tata postingnya ancur gini ya, maklum wes lagi sakit panas soal e ^_^*

18 comments:

Zawa said...

Wah enak e dian, dolanan muter2 terus hik hik hik... jadi kangen malang neh... :(

Ai said...

wah...kereeeen...
suka bgt sm pemandangan awannya...

Btw..lagi sakit? moga cepet sembuh ya kak.. ^^V
salam kenal..leotnya soft..

zam said...

asem ik..

marai pengen.. :((

padahal saya lagi berpuasa jeng-jeng..

la ini malah posting jeng-jeng...

huwaa...

eh, manteb nih acaranya..

btw, kok potonya agak-agak ngeblur, ya? apa gr2 mataku yg rabun?

hehehe....

tjahaju said...

zawa ^^ he3x, sek kaet dolen iki kok Wa

ai ^^ main ke malang dong biar tau awan aslinya, met kenal juga.. makasih, udah agak mendingan ini sakitnya

zam ^^ ayo zam kapan jeng-jeng ma tjahaju... iyo iki poto e nge-blur kabeh. salah edit kayak e, rodok ngelu soal e..

-FM- said...

dian, kamu mirip banget lho sama angelina sondakh. :D

thestoopid said...

wah ga naek paralayang?
ga asik dong

crew raya jetisnet said...

byuhhh...fotone ko bareng arek2 tewur mbak...begh....wadjooorrr....
kui kui loh...sopo2 wedhus kui lhoh....waahhh nggarai ngerusak pemandangan mbatu ae.....wakakakakak
wiwkwkwkwkwk...po maneh kui2 si piki kui byuhhh wadjooor tenan

tjahaju said...

-fm- ^^ mirip angelina sondakh?! wah sebutan baru nih ^_^

thestoopid ^^ mo naek paralayang mesti ikut kursus dulu kali yeee...

crew ^^ halah iki pasti sastro.. huakakak, iyo iks, ketepakan wingi si piki ma joe sing diajak ferdi..

undil said...

Naek paralayang kalo baru pertama mungkin tandem dulu (payungnya kuat gak yah?). Baru tahu ada ada ogoh2 jg di malang.

Btw mungkin jg malang tatakota serupa dg bandung karena sama2 dibesarkan oleh Belanda. Tempoe doeloe rumah2 di ijen boulevard mngkin sama dengan cipaganti (tahu ijen boulevard dari wiki hehehe!). Kalo Batu mngkin serupa kawasan Lembang.

ecca said...

yann aku gk dijak :(

aLe said...

@-fm-
iya ya.. klo d liat2 mirip artis ni cewe..
tp.. siapa ya kira kira??
ato malah ada artis yg mirip dia. siapakah gerangan?

*kaya kuis tebak gambar aja ^_^

@ecca
ayo ca, abis ni kita jg kalan2 ca. dian ga usah di ajak. hehe.. :P

Maruria said...

wah akhirnya bisa liat ogoh ogoh juga yah....
Lia dulu juga sempet liat ogoh ogoh di Tabanan, Bali. Tapi syerem euy endingnya...habis diarak, trus dibakar gitu siiihh...
Pas gitu banyak yang kesurupan pula penontonnya. Makanya lia langsing ngacir pulang deh..hehehe..

rhani said...

Diaaaaannnnnn!!!! Miss uuuuu....!!

wawww.... asik banget en seru banget deh kayaknya jalan2nya...! Jadi pingin ke Malang nih.. :)

thuns said...

waaaah kok ra ajak2 yan :D

kreaziku said...

wakss... keren banget nih... di Batu yah...??? sama siapa aja tuh... aku kok ga' diajak...??? awas yo kamu... ogok² itu maennya hari apa aja sih...??? aku mau nonton sendiri wae...!!! kamu ga' ta ajak... :-p

CacingKepanasan said...

Idih bolos, tapi kayaknya asik juga ya :D

Anonymous said...

huaahahahaha ci tjah ya yang suka liat ogok - ogok di batu, siapa tuh yang poto poto kelen banget, iyo mbolosan...

pick_key said...

kapan kapan yang lebih seru lagi ya, mbeleh pitik, or tour yang jauhan lagi, tapi mbolose jangan setengah hari, hihhi