Wednesday, September 12, 2007

dian ama big-bro.. tadi pagi..

tadi siang jam 10-an ama big-bro ke Kuburan Kasin... dengan misi mulia mengunjungi Mak Haji, Mak Nyai, ama Kakung.. ama family lain-nya yang Dian ga kenal tapi kebetulan makam-nya berdekatan. cuma Mbah Yayi DamanHuri yang Dian kenal, coz sebelum beliau meninggal, Dian yang masih kecil sempat membesuk-nya..

pertama kita dateng ke sebelah selatan Kuburan... di situ ada makam Mak Haji (ibu-nya Papa) ama Mak Nyai (ibu-nya Mak Haji). big-bro dari rumah bawa tanaman hias buat ditanam di makam Mak Haji ama Mak Nyai, Dian cuma bagian bawa cetok. dan bagian ngliatin aja waktu big-bro mulai nanam itu tanaman penuh duri diatas makam. sengaja dikasih tanaman penuh duri, coz selama ini tanaman yang ditanam pada ilang dijabut orang usil yang ga takut dosa...

capek ngliatin big-bro sibuk, Dian jalan ke pojokan beli bunga buat nyekar. beli 3 aja yang seharga 1000an. isi-nya sejumput-jumput daun kenanga, daun pandan diguntingi, bunga putih kecil (tapi bukan melati), sedikit rontokan bunga mawar... setelah Dian berdoa, Dian kasih sejumput bunga di nisan-nya... di makam Mak Haji ama Mak Nyai.. kemudian di 4 makam famili lainnya coz kata Mama mereka masih sodara dengan Mak Nyai. 1 1/2 bungkus untuk 6 makam.

setelah itu, kami berdua pergi ke sebelah utara.. tempat makam Kakung (ayah-nya Papa) ama Mbah Yayi DamanHuri. kuburan kakek ama nenek terpisah jauh, kemungkinan karena ikut jasa pemakaman yang beda.. Kakung ikut Eko Darmo.. Mak Haji, ga tau Dian.. big-bro ngobrol ama Pak Wiji, juru kunci, sambil ngebersihin makam Kakung... Dian mulai berdoa dan menabur bunga buat Kakung ama Mbah Yayi DamanHuri. kemudian kami berdua pulang...

untuk kakek-nenek dari Mama, makamnya ada di Blitar ama Tulung Agung... jadi Dian cuma bisa kirim doa aja. khususon ilarukhi Yangput, Mbah Gales, Kakung Moeroso.. Al Fatihah.

sepulang dari kuburan.. big-bro mampir ke toko pracang Tante Gwe buat beli rokok.. si Tante baru pulang kulak-an.. sambil komentar "tumben ini berdua, biasa e dewe' dewe' "... ha3x, Dian ama big-bro emang jarang kluar berdua...

nyampe di rumah, Mama udah siapin makan siang di teras.. kebetulan bapak-bapak tukang yang lagi renovasi Balai RW sudah selesai makannya... jadi kita bertiga, eh berempat ama Pak Yanto (tukang parkir toko kue Ratna), makan di teras... Dian sih makannya disuapin Mama tadi, sambil sedikit nge-gondok gara-gara keabisan tempe goreng. si Kardjo lagi ga nafsu makan, dia cuma nggeletak tiduran di kandang-nya.

anyway, tadi di makam masih sepi.. mungkin sore-nya baru ramai...

akhir2 ini Dian banyak menerima berita duka.. dimulai dari pilot Quinta (Dian ga kenal) yang ternyata pacar-nya Ratih (temen-Dian SMP), trus ada temen SMP (Dian lupa namanya) meninggal tertabrak kereta api, trus temen blogger si Bebek meninggal di laut coz nolongin temannya yang terbawa ombak, ada lagi user warnet Dian ini orang e gendut meninggal kecelakaan di Jakarta... sedih rasanya kehilangan mereka meskipun Dian tidak mengenal mereka dengan baik dan akrab. sedih rasanya melihat mereka yang ditinggalkan...
Dian juga menerima berita kecelakaan... Ratna temen SMP barusan operasi pasang pen coz tangan-nya patah, untung dia tidak apa-apa dan tetep cablak seperti biasa... bahkan ketika Dian bezuk ke rumahnya, malah diajakin nonton kuda lumping di kampung-nya.. wedew..
trus melihat berita juga banyak terjadi gempa, di Jawa Barat yang 6 scr, di Banyuwangi 5,6 scr, trus barusan di Bengkulu hingga 7 scr.. tadi siang ada kebakaran hutan di RTH Madiun dan RTH Nganjuk.

tadi pagi pergi ke makam membuat Dian sadar untuk bersyukur bahwa kehidupan ini sangat lah singkat namun sangat bernilai baik untuk diri sendiri atau untuk orang di sekitar. Maha Besar Allah yang memiliki kuasa atas makhluk-Nya...

menyambut bulan Ramadhan, Dian meminta maaf lahir dan batin kepada semua teman-teman.. selamat menunaikan ibadah puasa.. semoga kita bisa menjalankannya dengan penuh keihklasan dan memperoleh berkah serta hikmah dari-Nya.

7 comments:

aRai said...

beuh ... saya nyekar saha coba nyak .. ah ketimbang ga ada yg di sekar ... jadi arai mah nyekar disini aja ... tuh kan pertama nyekarna juga :D

uthie said...

mba dian...
aku minta maap yah klo ada salah2 kata waktu ngomen :D

met puasa... :)

isnuansa_maharani said...

saya jarang sekali bisa nyekar waktu nyadran. soalnya di perantauan. tapi sebisa mungkin kalo pulang kampung ya mampir. met puasa ya Yan. ngetiknya sambil buka puasa lho...

mata said...

malah saya belum nyadran sama sekali :( belum juga padusan.

btw di, gimana puasanya ? lancar kan ? tetep semangat yah

aRai said...

cayoooo ... baru 2 hari ne puasana ... xixixi

kalo puasa jadi inget taun lalu deh ... tiap jam 4 hampir-hampiran mau batal .. godaan begitu banyak, bukan dari setan aja godaana tapi dari temen-temen yg suka iseng.

Tapi untung deh jam 12 nya udah makan duluan ma minum sepuasnya jadi ga ke goda deh ma anak-anak

Suwahadi said...

Met menunaikan ibadah puasa jg.
Maaf kalo gwa ada salah ya?
BTW, si Kardjo puasa gak tuh? :))

deep said...

met puasa mbak dian :)