Tuesday, November 13, 2007

sidang.. kompre.. pendadaran.. whatever..

3D?!
ibu dosen which is ibu Septi emang getol banget nyuruh Dian ngrevisi gambar peta mental yang Dian bikin, yang mana menurut beliau "gambarnya JELEK". ga tau gimana cara, ibu-nya minta gambar peta mental itu di 3D kan. what?! how can i do that, mengingat di bangku kuliah ga pernah diajarin gitu. saran bijak dari ibu-nya "suruh temenmu aja.. temenmu yang ngerjain 3D-nya, kamu ngrevisi substansial skripsi mu".
pontang-panting minta tolong ke temen-temen pada angkat tangan smua. coba bikin pake Google SketchUp.. wew, nyerah deh! secara Dian ga pernah utak/ik software 3D, jadi lumayan lemah otak memahami segala menu dan koordinat XYZ-nya.
ternyata... Tuhan menunjukkan jalan melalui blog Dian. ada Elvrace nangkring di shoutbox.. dia bisa bikin 3D. and so, dalam keputus-asaan Dian hire dia. he3x...

print?!
udah deket hari-H sidang neh, which is tgl 12 november... lagi ngrancang2 rencana tentang gimana nge-print nya. eh dan ternyata, ada teman lama datang memberi kabar dan nawarin kalo mo nge-print, gpp pake printer kantor dia. ho ho ho, serius loe?! ya iya lah Dian mau. H-2 ngumpulin draft *dikumpulin hari sabtu* udah mulai nyicil nge-print di kantor dia. segala perlengkapan udah Dian bawa, mulai dari kertas A4 80gr 2 rim, ama tinta refill-nya. lancar nyicil nge-print yang ada warna-nya. H-1 mo nerusin nge-print, ternyataaaa... ada musibah!!! kantor temen Dian bocor gara-gara ujan deras tadi siangnya... air hujan sukses menghancur lebur luluh lantahkan itu print-out yang Dian cicil kemaren, kertas a4 2 rim Dian, ruang tamu kantor plus ruang komputer temen Dian... kesimpulannya: Dian hanya punya malam itu buat menghasilkan print-out 5 eksemplar draft skripsi untuk diserahkan ke 5 dosen besok pagi-nya.
ga ada waktu buat nyalahin ujan dll, yang jelas Dian do all the best dengan waktu yang tersiksa... dibantu Boni ma Rudi yang rame aja minta imbalan cium *wedew*, juga temen-nya Dian yang setelah kelar beresin kantor-nya yang ancur akhirnya bawain printernya buat Dian terusin print di rumah. fiuh...

anter laporan ke rumah Dosen!

hari Jumat siang jadwal sidang baru kluar. Dian dapet dosen penguji: Pak Tunjung, Pak Wisnu dan Bu Imma. konfirmasi ke 5 dosen, plus 2 dosen pembimbing, smua minta draft diserahkan terakhir hari Sabtu.
Sabtu pagi, setelah semalam nglembur nge-print sorangan diri wae.. serahin laporan ke rumah Bu Imma. kebetulan rumahnya deket dengan kantor Dian yang di bilangan Jetis, setelah slesei ma urusan kantor, Dian ama Mira (angk 2003) nganter draft ke rumah ibu Imma.
abis dari Jetis, on the way ke kantor yang di bilangan Dinoyo... Dian anter draft ke rumah Pak Tunjung di perumahan dosen UB di bilangan Tlogomas.
nyampe di kantor, beresin kerjaan... jam 10 janjian ama Kunto (angk 02) anter draft ke rumah ibu Septi di daerah belakang ITN.
tanggungan tinggal 2 draft lagi... untung deh ada Kunto.. kurayu dirinya, kubuai angannya, dia pun terbujuk mau nganterin Dian ke rumah pak Wisnu di RiverSide dan ke rumah Pak Antar di PBI. he3x... biarpun sempat keujanan dan berteduh di rumah Pak Antar, yang penting... mission complete!!!
"Kunto... bulan depan aku traktir nonton yaaaa!!"

bahan presentasi
niatnya bikin presentasi pake flash.. biar kliatan niat di mata bapak-ibu dosen. akhirnya minta tolong ke Elvrace bikinin flash. H-1 malem ambil file.. ternyata dibuka di rumah macet... huaaaa!!!
terpaksa dah pake power point. jadi ceritanya malem sebelum sidang, Dian nglembur bikin power point Dian yang tadinya masih mentah buat draft flash doang. background powerpoint Dian ambil dari beberapa foto hasil jepretan Ferdi, juga dari hasil 3D-an Elvrace... nambah2in sceme animation... sukses selesai jam 2.30 pagiiii!!! langsung tidur udah ga kuat mo belajar substansial skripsi-nya. Tuhan... beri aku keajaiban buat besok ^o^

the Day: 12 november
bangun jam 5.30, persiapan sampe jam 6.00, baca-baca sampe jam 6.40, berangkat nyampe kampus jam 7.00. minta restu dan doa ke bapak-bapak parkir sahabat Dian, ha3x mereka seneng akhirnya Dian udah mo sidang ... di Gedubrak lt.3, udah ada Kunto. secara konsumsi dosen udah ditanggung jurusan... ternyata ruangan blom siap. berdua ama Kunto kita prepare ruangan, LCD, laptop, dll. ha3x... jadi inget Kunto bilang "mbak, kita kok kayak anak tiri banget seh, ga ada supporternya".
ya emang resiko kedapetan jadwal pagi (7.30), jadi suporter-nya masih blom dateng. jadi keinget juga waktu seminar hasil dulu... bener-bener single fighter! udah kemarennya prepare ruangan, pinjem LCD, pesen konsumsi.. all by myself. nyampe kampus pagi, sambil bawa konsumsi, bapak TU blom dateng *wew* begitu dateng juga prepare ruangan ndiri, sampe bapak-ibu dosen dateng... eeehh suporter-nya blom dateng. ga bawa hp pula, jadi kegiatan cuma menunggu dengan manis namun hati tak tenang... tapi sudah berlalu dan seminar hasil pun sukses ^o^
anyway, balik ke sidang... setelah ruangan siap, dosen-dosen berdatangan. sambil nunggu dosen lengkap, Dian ngobrol ama pak Tunjung, kebetulan beliau dosen pembimbing akademik Dian, jadi beliau nanyain kabar temen-temen Dian yang lagi masa hibernasi dan blom muncul ke kampus... eeehhh, ada acara mati lampu segala, semakin molor dah waktu mulai sidangnya. Alhamdulillah, jam 8 pas sidang dimulai...

sidang!!!

secara materi, udah pe-de. secara mental, udah pengen cepet lulus. presentasi pun lancar, biarpun sempat sedikit ribet coz grogi. sampe di waktu diskusi...
pak Tunjung ngubek-ubek latar belakang, kerangka pemikiran, kerangka teori, alur penelitian... ama sdikit di bagian analisis.
pak Wisnu ngubek-ubek di hasil IPA (Importance-Performance Analysis). dicecar terus masalah demografi responden ama hasil pengembangan IPA untuk jadi arahan rekomendasi.
bu Imma ngubek-ubek latar belakang... ama minta ditambahin cross-tab chi-square *aduh ibu, Dian pake metode IPA biar ga ketemu yang gituan kok malah disuruh pake gitu, huhuhuuuu... IPA aja ya bu, ntar lebih didetilkan deh, he3x*
pak Antar kasih masukan revisi redaksional kalimat judul coz penelitian udah kelar.
bu Septi kasih masukan buat bab kesimpulan dan saran.
udah deh... proses diskusi kelar. buat Dian, smuanya berjalan lancar. Alhamdulillah. selesai paling cepet, Kunto ama Muji masih blum kelar.
suporter pun mulai datang. dari angk 2001, ada Lia ama Evy.
abis itu, acaranya nunggu Mira ama Dhino kelar sidang. eeehhh dapet rejeki!! ama pak Wandi dikasih nasi kotak 5 bungkus, pas banget buat kita peserta sidang yang berlima-an ini. dan dari komentar para suporter, ternyata baru pertama ini peserta sidang dikasih konsumsi segala, huehehheee.....

yudisium!!
kelima peserta sidang udah kelar.. tinggal nunggu waktu yudisium. ga tau tiba-tiba Dian jadi nervous. kliatan banget kalo lagi stress, beberapa komentar mulai keluar dari suporter... kok jadi pucet? kok jadi stress? tadi tenang-tenang aja, skarang kok bingung?
sampe akhirnya jam 1, Dian ngliat pak ketua jurusan, pak Surjono, manggil kita berlima yang pake kostum putih item. kita berdiri satu shaf nunggu keputusan.
pak Surjono mulai kasih sedikit pidato pengantar, "hasil sidang kali ini, ada yang sesuai dengan harapan orang tua, ada juga yang sesuai dengan harapan temannya.. dalam artian temannya minta ditemenin maju sidang berikutnya".
huaaa... Dian smakin panik, sampe 4 temen lain pada marahin Dian coz mereka mulai ketularan panik-nya Dian. please deh, dari pidato pak Sur itu menandakan ada keputusan tidak lulus sidang.
hasil Sidang dibacain bu Imma dengan singkat dan jelas dan dengan begitu saja:
- Priyo Akuntomo dinyatakan lulus dengan nilai A
- Muji Esti Wahyudi dinyatakan tidak lulus
- Dian Octavia Anggraini dinyatakan lulus dengan nilai A
- Almira Primalia dinyatakan lulus dengan nilai A
- Dhino Teguh dinyatakan lulus
trus Pak Agus kasih pidato singkat tentang waktu revisi satu bulan, dan akhirnya pak Sur kasih pidato penutup.
Alhamdulillah.... setelah bersalaman ma dosen-dosen, dengan sedikit berurai air mata kebahagiaan.. lanjut salam-salaman ama para suporter. abis itu Dian kasih kabar telpon ke rumah, lanjut kirim sms ke para crew pendukung.

pasca sidang!
wew.. ternyata ritual menunggu masih ada. berempat (minus Mira), kita nungguin lembar perbaikan skripsi dari para dosen. menunggu dan menuggu, coz dosen-dosen lagi rapat. jam 2 kelar rapat, ketemu ibu Septi, beliaunya sumringah banget dan crita-crita "hari ini aku bahagia.. bimbinganku dapet A smua". mata ini serasa berkaca-kaca lagi... teringat si Ibu dulu menyambut Dian yang sudah kembali ke jalan yang benar... jalan pencerahan setelah masa hibernasi mencari variabel penelitian.



and so... Dian juga mo ngucapin makasiiih buanyaak ke temen-temen yang udah doain Dian, kasih semangat Dian, dan nilai A ini Dian persembahkan buat kalian semua ^o^ makasiiih ya smuanyaaaa...

ps: traktiran-nya nanti dulu ya.. agenda-nya masih proses revisi *huhuhu terbayang 5 eksemplar lagi* dan segala administrasi bimbingan.

semoga proses revisi Dian dilancarkan.. dan semoga proses menuju wisuda Dian juga dilancarkan.. Amiiin.

18 comments:

Anonymous said...

SELAMAT!!!

Dian Octavia Anggraeni, S.T.

wekekeke

Anang said...

alhamdulillah akhirnya lulus.... selamat selamat

Anonymous said...

aduh neng! syenangnyaa... tuh kan apa kubilang? tenang aja pasti lulus deh.. masalah kejadian2 itu mah biasa, itu 'bumbu' nya orang lagi skripsi.. biar seru! ..

selamat ya!

Unknown said...

Selamat ya udah lulus.
sukses selalu ya...

Anonymous said...

hauehuuu...
bangus bangus bangus...!!!
ga percuma bendinone dijundu-jundu yoh... :D

Eriek said...

Selamat ya Dian telah menjadi sarjana teknik. semoga ilmunya nanti bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, agama, bangsa dan negara. Amin.

ngga terasa ya, untuk mencapai gelar Sarjana Teknik hampir enam tahun sungguh perjuangan yang sulit ya Dian. jadi terpacu segera selesaikan TA juga. Do'akan buat saya juga ya :)

Anonymous said...

slamaaatt!!
MAKAN-MAKAN!!
mba dian jurusan apa sih?
kok pake 3D-3D sgala?

aku juga ga bisa skech up. paling2 bikin 3D pake autocad ;))

Anonymous said...

Wah dah lulus yo ?
Ndang rabi wae nduk (*kabur*)

Spedaman said...

whoaaa congrats!!
akhirnya Chitchat lulus:D

ngos ngosan baca postingan ini, jadi inget kejadian 2 taun yg lalu
hehehe...

Yayo said...

MAKAN-MAKAN™
Wah selamat...selamat..
Sukses aj pokoke!!!

Unknown said...

Wee..emang butuh perjuangan.. Selamat yahh??

Dadang Utomo said...

kalo aku pulang, harus makan2!!! sama jangan lupa sekalian, fotoku dipasang di lembar persembahan. huwakakakakk..

Maruria said...

Wuah...selamat ya jeng...
Akhirnya jadi sarjana juga yah...
welcome to the real world...Heu..heu..heu..

Cempluk Story said...

alhamdulillah,selamat y mbak dian..


salam perjuangan,

cempluk

LadyElen said...

selamat.. selamat..
jgn lupa masukin ladyElen dalam daptar traktiran :D

aLe said...

makan makan :D

Diah Alsa said...

aduuhhh mupeng,, pengen cepetcepet slesaii jugaa :((

alumni STAN said...

c o n g r a t u l a t i o n .....