Saturday, July 12, 2008

mr. djawatempodoeloe

flashback: 16 juni 2008
event: kopdar with Olie
place: surabaya

ini kopdar aku ama temen dari Multiply neighborhood. jadi dulu pas aku googling materi buat skripsi, aku nyampe ke Blog ini. dari situ awal perkenalan aku ama Olie.
sebenernya ini kali kedua aku ketemu Olie. yang pertama pas bulan Maret kemaren ketika dia dateng ke Malang. yang kebetulan juga, temen MP dari Bandung, Aries, lagi di Malang juga. ternyata Aries ini nge-fans juga ama Olie... akhirnya kita ketemuan dan kumpul di RM. Inggil.

anyway, hari Senin itu aku ama Ecca *temen kantor, sister, juga blogging d MP* ke Surabaya. aku ama Olie emang janjian mo ketemu di Surabaya, coz sekalian aku mo dianterin keliling2 kota tua Surabaya. hakakaka... jadi si Olie yang bule ini malah yang jadi tour-guide nya.

bus kita berhenti di TP dan disana kita janjian ketemu Olie. trus kita jalan kaki ke losmen tempat Olie nginap di (lupaaa...) pas kita ngelewatin hotel bersejarah, Oranje Hotel ato Hotel Yamato dimana terjadi insiden penyobekan bendera Belanda menjadi bendera Merah-Putih dan sekarang namanya Hotel Majapahit, Olie mengajak kita untuk mampir masuk ke dalam melihat-lihat. *emang boleh?! yah kita serahkan pada si bule untuk meminta ijin ke pak satpam-nya* ternyata kita dikasih ijin, hi3x... dengan dipandu Olie, kita jalan-jalan di koridor hotel, juga naek ke lantai atas hotel. kebetulan Olie pernah nginap sini jadi bisa sedikit cerita-cerita. trus kita diajakin liat restoran Sarkies yang punya koleksi jam dinding antik *lebih antik dari jam lonceng kakung*, sayang sekali pada hari senin tu resto tutup...


lanjut perjalanan dan nyampe di hotel Olie, semacam rumah tua yang difungsikan sebagai guesthouse. disana aku ama Olie bertukar souvenir. aku dapet topi Lady *kata Olie*, sedangkan Olie aku kasih macem-macem mainan anak tempo doeloe.
karena kita nyampainya siang, Olie ajak kita makan siang Soto Ayam di pasar dekat hotel Olie. warungnya ada di bangunan jadul, jadi kerasa jadul-nya, hekekeke... pas tengah-tengah kita makan, Eddy temen Olie di Surabaya datang. selesai makan siang, kita berempat sewa dua becak untuk memulai perjalanan keliling Surabaya.

pertama, kita ke Jl. Bubutan. kita berhenti di suatu gang dan menyuruh Pak Becak nungguin. kita masuk-masuk gang dan ngliat rumah-rumah lama sambil poto-poto. kalo Olie bilang, rumah-rumah cantik. kita berempat jadi pusat perhatian orang kampung, keknya jarang-jarang ada bule masuk-masuk kampung, hekekeke... kita mampir ke rumah temen Olie, rumahnya masih asli bangunan lama.


trus, kita naik becak lagi ke kampung arab Sunan Ampel. turun dari becak kita jalan masuk-masuk ke pasar nyampe ke depan Masjid.
kita juga jalan kaki ke arah Pasar, trus sempat mampir di Mushola Bafadal. Olie bilang dia punya kartu pos mushola Bafadal ini, so dia mo ambil foto recent time-nya.
lanjut naik becak lagi, kita sempat kejebak kemacetan arus lalu-lintas pasar sore hari. Olie minta berhenti untuk ambil foto Pasar Pabean. lanjut lagi naek becak kita ke Kelenteng di (lupa lagi).
oia, dalam perjalanan banyak yang nyapa Olie "hai mister.. halo mister..", sampai-sampai Olie bilang ke aku "lama-lama saya bosan dengan kata itu, halo mister". hekekekeke...

nyampai di Kelenteng, kita disambut hangat oleh pengurus Kelenteng. kita malah disuruh masuk-masuk, dibolehin foto, dikasih aqua gelas, trus juga dipandu ngliat-liat dalam. wah ramah banget... jadi berasa turis beneran neh. Visit indonesia 2008, hekekeke...


abis itu, naik becak lagi kita balik ke hotel-nya Olie. oia, Fahmi sempat telpon say sorry ga bisa nemenin, dan aku kasih dia ngobrol ama Olie juga. trus, setelah kita refresh sebentar, udah waktunya aku ama Ecca pulang. tapi sebelumnya Ecca pingin tau TP, hikikiki... kita berempat jalan kaki ke TP, dan aku ama Ecca agak-agak kegirangan minta dipoto *pancet ae*.
nyampe di TP, puter-puter bentar.. oia, kita beliin kado buat Abi juga. abis itu kita dianterin Olie ama Eddi ke halte bus, dan disitulah kita berpisah.


menyenangkan.. menyenangkan.. sebenernya kaki juga udah gempor jalan kaki kemana-mana gitu. tapi ngliat sisa-sisa keindahan Surabaya tempo doeloe capeknya jadi ga kerasa deh.
makasih Olie... mudah-mudahan koleksi djawatempodoeloe-nya makin nambah baik dari segi arsitektur maupun segi kehidupan tempo doeloe ^0^


*btw, ada lagi yg mau jadi guide aku keliling Surabaya ga? kayaknya masih banyak deh part of Soerabaja tempo doeloe yang keren-keren ^o^


1 comment:

ardyanstyle said...

jalan jalan cari jodoh ... ooops