Thursday, September 11, 2008

sibolang nggelinding*

hua udah sebulan lebih di surabaya belum pernah main kemana-mana...
kadang waktu off digunakan untuk mencuci baju dan setrika, bersih-bersih kamar ato beresin catetan juga belajar...
tapi ga seru ah kalo cuma di kost wae... akhirnya saya manfaatin waktu berpetualang alias jalan-jalan di jalanan surabaya. yang dimaksud jalan adalah berjalan kaki, menikmati pedestrian surabaya yang mulai dipercantik. mulailah saya berpetualang dengan kostum 'sibolang' saya, ransel pink kesayangan berisi air minum, topi putih punya bigbro dan kacamata putih bening, juga jaket ungu 'satu-satunya'.

belum banyak rute yang saya jelajah, masih zona-zona terdekat dengan kost.. biarpun dekat tapi juga mengandung resiko loh. secara saya jalan-jalannya sorangan diri wae... serem juga biarpun jalan-jalannya siang hari...

saya pernah nggelinding ga jelas ke Balai Pemuda, waktu itu ada pameran tunggal fotografer sapa gitu lah, anak kampus mana juga... trus lanjut nggelinding ke kantor walikota sampai kawasan di belakang kantor tersebut, yang saya sendiri ga jelas ada apa di kawasan itu... dan yang paling parah, saya tidak tahu tujuan saya akan kemana... akhirnya saya kembali ke zona aman saya, yaitu daerah Tunjungan Plaza, secara saya kost di sekitar situ-situ juga.

di lain kesempatan saya nggelinding ga jelas lagi ke daerah Pasar Genteng Baru. rencana awal sih napak tilas aja mo lewatin losmen tempat teman saya menginap dulu. saya pun lanjut jalan ke arah pasar, muterin daerah jalan Genteng situ lah hingga akhirnya saya kembali ke Jalan Embong Malang.
dalam penggelindingan ga jelas itu sempa ada kejadian mencekam bagi saya... ada pria berkendara motor yang mengikuti saya. tadinya saya melewati dia di suatu pinggiran trotoar... tiba-tiba saya melihat pria itu lagi ketika saya melanjutkan perjalanan. saya sampai mengira apakah ini 'deja vu'? dan untuk kedua kali dia juga mengatakan hal yang sama 'mau kemana mbak, mau diantar?' *huaaaaa sape eluuuuu...* saya pun melanjutkan perjalanan dengan cueknya... seolah saya tahu hendak menuju kemana *padahal enggak, wong niatnya emang jalan-jalan liat-liat gedung doang*. dan untuk ketiga kalinya pria itu meminggirkan sepeda motornya di trotoar, berhenti, pasang standar, kemudian lepas helm-nya dan duduk di sadel motor sambil mengatakan hal yang sama ketika saya melewatinya...
"huaaaaaaaa... sape sih loe!! mengganggu kenikmatan jalan-jalan nggelinding ga jelas saya!" kata saya dalam hati. hekekeke, ga mungkin lah saya marah-marah kek gitu, wong saya sendiri tengah sibuk menenangkan diri sambil pasang tampang santai ala udah tinggal di surabaya sejak kecil. untung aja tu orang percaya ama akting saya, dan mulai berhenti mengikuti saya dan berbelok di suatu tikungan. boleh lah saya merasa tenang sedikit, tapi juga harus waspada... kali aja dia mengikuti saya dari belakang. akhirnya saya percepat perjalanan saya untuk kembali ke zona aman saya.. yaitu daerah Tunjunga, hakakaka...

penggelindingan terakhir yang saya lakukan adalah minggu kemarin. sibolang menggelinding berpetualang ke kawasan Rungkut dengan tujuan ke rumah teman saya. bisa dikata nekat juga, secara teman saya juga ga tau angkot apa menuju rumahnya, akhirna saya mencoba naek angkot jurusan RT. saya sempat baca dia menuju Rungkut, tapi saya tidak tahu dimana harus turun... wew... menitipkan diri ke Pak Sopir, saya minta diturunkan di Jl. Pandugo. setelah ikut si angkot muter-muter daerah yang saya lupa-lupa ingat pernah saya lewati sebelumnya dianter teman saya... akhirnya saya diturunkan di suatu tikungan, pak sopir bilang saya tinggal jalan belok kanan saya sudah sampai di Jl. Pandugo... saya mengucap terima kasih sembari kasih uang tip ke pak sopir... saya pun melanjutkan perjalanan, mengikuti saran pak sopir... emang bener Jl. Pandugo, tapi Jl. Pandugo rumah temen saya masih lumayan jauh dari tempat pemberhentian tadi. jadi menyesal udah kasih uang tip, hakakaka... mo naek becak, nanggung, takut disasar-sasarin... akhirnya lanjut ae jalan kaki menuju rumah temen saya, meskipun saya ga akin 100% jalannya.
untung lah niat baik bersilahturahmi bersambut, akhirnya saya sampai ke rumah teman saya... horeeeeeee!!!!

cant wait to do another nggelinding... masih berani ga ya, hekekeke... liat sikon deh. masih mo nekat apa ga. ato ada yang mo nemenin nggelinding.. hekekeke...


*
sibolang: si bocah peualang (kayak salah satu program televisi swasta)
*nggelinding: nggelinding muter kayak roda.. temen saya yang bilang saya suka nggelinding ga jelas, hakakaka...

11 comments:

thuns said...

weleh... wes pindah surabaya toh! ga sido jkt?

Darkpuccino™ said...

yup.. saya bersedia! :P

angki said...

Katanya mo bareng kalo mo jalan-jalan??

Hayoooo

Aryo Sanjaya said...

Sama mbak, aku dulu juga sering muter-muter gak jelas di Surabaya. Bedanya, aku naik motor, jadi jangkauannya lebih luas, dari ujung ke ujung.
Nyasar sering banget, sampe gak tau ada di posisi mana. Sampe ke sawah-sawah!

Tapi efeknya, sekarang hapal seluk beluk Surabaya :)

tintin said...

loh dah sebulanan toh di SBY ..

wah .. dah jalan kemana aja ..?? btw kerja dimana sih ..?? :)

Setiaji said...

awas nggilindingnya jangan jauh2x, jgn lupa pake rem, takut nyasar ke sarang penyamun :P

-setiaji-
www.kodokijo.net

Fenty Fahmi said...

eh temenku pernah tuh, di daerah panjangjiwo depannya SMA 16, ditawarin orang dianterin pulang malem2, deuuhh serem .... ati-ati mbak kalo jalan2 sendiri di kita gedhe :p

fahmi! said...

sepurane, timing nggak pas. belom bisa banyak nganter2 keluyuran.

kyai slamet said...

wah ati-ati lho nduk, ning kutho gedhe kuwi akeh setane
:D

Lintas said...

maaf jika isi pesan berikut mengganggu aktivitas kamu.. aku cuma mau kasih tau aja, ada sebuah situs social bookmarking yang berisi kumpulan berita-berita menarik yang paling update diseluruh indonesia,dan memang situs ini berbasis bahasa indonesia... klo nggak keberatan tolong cek situs ini yah.. semoga bermanfaat..

>>> http://www.lintasberita.com

coba di share aja semua tulisan km di situs itu ,mudah2an bisa membantu naikkan traffic blog ini ,keep up the good post ok.. btw.. ever thought bout adding lintasberita's widget?? cek disini aja yah

>>> http://www.lintasberita.com/tools.php

thanks.... sory klo keliatannya spamming.. but seriously... im just helping you out here...

Nita PL said...

Waahh..jarang blogwalking ke sini euy!

sumpah, lu nekat banget nek.. tapi aku kasih 4 jempol buat ke nekatan kamu.. orang malang tapi bonek hehehe..