Monday, August 16, 2010

sometimes... just try to stop asking why

Bagaimana kita menjalani kehidupan… itu adalah suatu pilihan. Setiap pilihan memiliki sebab akibat. Setiap pilihan memiliki karma-nya masing-masing. Setiap pilihan memiliki ganjaran.

Akan sangat mungkin bagi kita dalam menentukan nasib kita sendiri, jika kita berada dalam posisi memilih.
Memilih hidup sehat dengan menjauhi rokok, alcohol, junk food, dll.
Memilih pernikahan dan monogamy daripada free-sex.
Memilih menjadi kaya dengan korupsi.
Memilih menjadi orang baik yang sholeh.
Memilih menjadi orang menyebalkan yang dibenci masyarakat.
Memilih menjadi aktivis peduli lingkungan.
Banyak sekali pilihan yang bisa kita pilih. Setiap pilihan akan memiliki konsekuensi pada diri kita sendiri, entah itu positif atau negative. Setiap pilihan akan berpengaruh pada nasib kita.

Bagaimana jika kita berada dalam posisi tidak bisa memilih? Karena segala sesuatu atas hidup kita berada di tangan Tuhan yang Maha Agung.
Dalam hal ini, dan atas kehendak-Nya, kita langsung ditempatkan pada posisi ‘akibat’. Dan secara manusiawi kita bertanya-tanya ‘apa sebabnya?’
Kenapa aku menderita sakit ini?
Kenapa aku terlahir cacat?
Kenapa dia meninggal di usia muda?
Kenapa kecelakaan itu harus terjadi?
Kenapa bencana itu terjadi?
Kenapa… kenapa… dan kenapa?
Sebuah pertanyaan yang tidak ada jawabannya. Bisa juga merupakan pertanyaan yang kita sendiri sudah tahu jawabannya. Bisa jadi jawaban tersebut tidak memuaskan kita secara duniawi dan kita tetap menanyakan kenapa… kenapa… dan kenapa? Hanya kedewasaan pola berpikirlah yang bisa menghentikan pertanyaan tersebut.

Dibutuhkan kesabaran, ketabahan dan ketulusan untuk bisa menyikapi sesuatu hal diluar kuasa kita. Dibutuhkan kebesaran hati untuk mundur satu langkah sejenak, menenangkan diri, mengingat Tuhan, mensyukuri segala hal yang Dia limpahkan pada kita… dan melangkah dua langkah ke depan untuk menghadapi dan menjalani semuanya sesuai dengan pilihan kita.

Karena pada dasarnya Tuhan yang Maha Brilliant menjadikan segala sesuatu karena Dia memiliki alasan dan maksud tersendiri yang tidak bisa dimengerti oleh manusia hanya dalam waktu yang singkat.

3 comments:

Anonymous said...

sebenarnya ada pertanyaan yang mungkin perlu qta renungkan...tapi...

Karena pada dasarnya Tuhan yang Maha Brilliant menjadikan segala sesuatu karena Dia memiliki alasan dan maksud tersendiri yang (tidak bisa dimengerti oleh manusia hanya dalam waktu yang singkat).

Anonymous said...

Im bored) lets play three word story =)

Three word story is a game in which a story is built by multiple people, who use three words each turn. It is a common favorite of forum gamers, since it is easy to explain and play in a linear, structured fashion. An example game goes as follows:
* A fat man...
* ... walked into a...
* ... car and it...
* ... was very painful...
* ... but he jumped...
* ... back up and...
* ... dug a really...
* ... small cave that...
* ... had two red...
* ... cats coming out...
* ... from some smoke...
* ... though a blue...
* ... streak speeds by...
* ... forcing twenty wayward ...
* ... evidences of fright...

ok =)?
Ill begin:

I opened the door...

tjahaju said...

that's four words