Tuesday, August 16, 2011

kelinci dalam diri saya

"kok kamu ga pernah jalan-jalan lagi?" tanya papa ketika beliau main ke kost-an saya kemarin. saya sempat terdiam mendengar pertanyaan papa. pertama, karena heran... tumben saya malah disuruh main. kedua, karena takjub... ternyata papa bener-bener follow facebook saya kah? ketiga, karena tersadar... iya juga ya, weekend belakangan saya lebih senang di kost-an saja. 

setelah saya tersadar dari keterdiaman saya, saya baru ingat bahwa alasan mendasar dibalik semua itu adalah saya sedang mengirit! hakakaka... bisa dibilang di tahun kelinci ini, saya seperti kelinci dengan keuangan saya. gali lobang, tutup lobang, kebocoran lobang (piutang, red), istirahat, dan mulai menggali menutup lagi.

di bulan januari saya beli tiket pesawat jakarta - malang untuk mudik lebaran besok. dilanjutkan dengan masa hibernasi: mengirit, menabung, sambil sesekali ikut trip kota tua yang terjangkau. bulan maret saya beli tiket pesawat malang - jakarta sebagai bagian akhir dari aktivitas mudik besok. dan saya pun kembali ke masa hibernasi. tibalah bulan juni yang bisa dibilang titik kulminasi penggalian saya tahun ini. di bulan ini ada cassy, baduy trip, bandung trip dan paspor apply. saya pun kembali hibernasi dan belum juga lobang tertutup, di bulan july ada shiloh dan electra. lobang masih menganga, di bulan agustus ini ada cameron. 

jadi jika saya ingat-ingat, terakhir saya jalan-jalan terjauh adalah ke baduy luar dan bandung di bulan juni dan terdekat adalah ke kota tua di bulan juli. bisa dibilang 'ga pernah jalan-jalan lagi' di pertanyaan papa tadi indikatornya apa ya? mungkin dari foto-foto di facebook saya yang tidak update atau mungkin dari kulit saya yang agak putihan? yah terserahlah...

intinya saat ini memang saya sedang berhibernasi lagi, menutup lobang dan menikmati bulan ramadhan. sungguh terasa sangat terdukung sekali. bahkan saya bisa mengatakan 'tidak' untuk ajakan nonton harry potter (harry potter! sekali lagi... harry potter!) demi untuk pergi tarawih. dan memang hingga kini saya belum sempat nonton harry potter di bioskop.

penggalian lobang berikutnya sudah di depan mata, bulan september dan november. wow... what a scratchy year! saya akan memastikan bahwa di bulan oktober saya akan membuat wish-list yang lebih fantastis, karena my wish is my command!

yang saya takjub dan syukuri dengan hikmahnya adalah keseimbangannya, kesabarannya, kepantasannya dan kesesuaian waktunya. sungguh Gusti Allah iku gak sare. 

No comments: