Sunday, November 13, 2011

11.11.11 visit

kamis sore safri telepon dan bilang kalo dia lagi di jakarta and i'm so excited to see them on the next day. aku langsung sms beberapa teman kantor yang kemarin sempat main ke baduy luar. jumat pagi safri sms bilang sedang menuju kantor, and i'm so ready to welcome them. oiya, aku mengenal safri dan pak narja ketika kemarin ikut trip ke baduy dalam.
begitu sampai, aku ajak teman-teman baduy dalam ini untuk sarapan soto suli di belakang sekolah. dan teman-teman kantorku pun juga berdatangan untuk menyambut mereka.

"larangan teu meunang dirempak" adalah salah satu amanat buyut yang berarti 'larangan tak boleh dilanggar'. safri dan rombongan pun tetap patuh pada adatnya. berjalan kaki dan tidak menggunakan transportasi, berpakaian sesuai aturan adat dan tidak beralas kaki. masyarakat kota pasti mengernyit ketika melihat penampilan mereka, dan disini aku sangat salut pada teman-teman baduy dalam ini. mereka yang pemalu ini pun mulai belajar untuk 'cuek' ketika diliatin orang. he3x.
me and my friend visiting baduy dalam
bandingkan foto diatas dan dibawah ini, baju adat mereka sama. ikat kepala putih, baju berkain tenun warna hitam atau putih, sarung dan tanpa alas kaki. bersahaja dalam kesederhanaan.
beda dengan baju yang kami pakai, selalu disesuaikan dengan acara. diatas baju treking, di bawah baju ngantor, he3x... rempong amat ya kita yang orang kota ini :p
pak narja, agus, sarta, safri
they visited us back to jakarta :)
pak daru invited them to see our student. a lil chitchat about baduy dalam culture. saling mengamati pun terjadi. yang baduy dalam ngliatin gaya anak-anak dan anak-anak pun ngeliatin gaya mereka. 
pak daru invited them to class
teman-teman baduy dalam ini memang terlihat berbeda karena kostum dan custom mereka. kesan pertama dari orang yang baru pertama kali melihat mereka pun pasti seputar: 'orang pedalaman', 'ih serem', 'kakinya besar', etc.. etc. tapi kalo sudah kenal dan ngobrol, mereka sangat ramah dan baik.
put the glassess on safri, ha3x
thank you for visiting us friends. thank you for 2-hours baduy ambiance. thank you for bring the humble and simplicity mood to us. hope we'll see you soon at your village.

so tertarik nge-trip ke masyarakat baduy? hey hang on, ini postingan ke-empat ku dengan tema baduy. ntar kalo temen ngantor pada minta visit ke baduy dalam, pastinya akan ada postingan kelima. hakakak. 
anyway... that what was on my 11.11.11 day. what's yours? 

1 comment:

Ms. Kat said...

mine was boring..hahaha.. btw, I'm so jealous with your trip adventures sis.. *drooling.. :D