Sunday, February 26, 2012

cultivating your dreams

if you suddenly remember what your childhood dreams or imaginations or wishes or inspirations... take a deep breath and ask yourself, are you able to make it real now?


anak-anak mudah terinspirasi dan selalu penuh dengan imajinasi, begitu juga dengan masa kecil saya. istana imajinasi saya tidak terbatas, seluas langit di angkasa dan sedalam samudera yang penuh misteri. posisi favorit saya ketika berimajinasi adalah tidur terlentang dengan tangan dibelakang kepala, mata menatap langit-langit, dan imajinasi pun melayang tak terbatas. sebenarnya saat itu pun saya membayangkan sedang berada di hamparan rumput yang luas dan memandang langit biru dengan awan yang indah.

mewujudkan imajinasi lah yang seringkali menemui keterbatasan, baik itu ruang, waktu, atau kemampuan. dan seiring anak kecil beranjak dewasa dan menghadapi berbagai kenyataan, mereka pun berhenti berimajinasi. 
jika anda pernah menonton film 'finding neverland', anda akan mengerti bagaimana seorang j.m.berry kehilangan inspirasi untuk membuat skenario drama. dan dalam dunia anak kecil lah dia mendapatkan berbagai inspirasi sehingga dia bisa mengarang cerita 'peter pan'.

saya sarankan buat teman-teman yang sudah menjadi orang tua, ajarkanlah anak anda untuk menulis 'wishing book'. janganlah anda ikut campur dalam pemerintahan istana imajinasi anak anda, dan yang terpenting jangan sampai mereka tahu bahwa anda pernah membaca bukunya tanpa sepengetahuannya, itu akan membuatnya berhenti menuliskan segala imajinasinya. kenapa? karena mereka juga beranjak besar dan mengenal malu, mereka pasti tidak ingin imajinasi-nya yang mungkin sekonyol apapun itu ditertawakan. kenapa? karena mereka percaya bahwa impian bisa terwujud. kenapa? believe me, that what was happen to me... when i  know my parent read my book, i decided to write my wishing book and stop doing it. even i ripped that book.

image di awal postingan ini adalah salah satu keinginan saya. band tersebut sangat menginspirasi saya dalam berbagai hal. mereka hadir dikala internet masih merupakan barang mewah *tidak seperti sekarang ini*. kemunculan mereka di radio atau tv sangat saya nantikan. dan ketika mereka muncul di tv, saya benar-benar memperhatikan video klip mereka, keahlian mereka memainkan alat musik, juga keindahan lagu-lagunya. saking kepinginnya bisa ikut menyanyikan lagu mereka, saya sampai melakukan 'listening activity' dan menuliskan lirik lagunya sesuai apa yang saya dengar. ha ha ha... maklum saat itu bahkan membeli kaset pita mereka pun merupakan hal yang tidak terjangkau bagi saya. saya harus menabung lama untuk akhirnya benar-benar bisa membelinya, tapi mama saya berbaik hati membelikan vcd bajakan konser mereka :p
selain itu, saya pun terinspirasi untuk bisa memainkan alat musik. saat itu saya sampaikan keinginan saya pada mama, tapi keterbatasan membuat saya membalik halaman 'buku keinginan' saya ke halaman berikutnya, menuliskan imajinasi-imajinasi lain, dan membiarkan keinginan tersebut menjadi mimpi.

hingga beberapa minggu yang lalu, tiba-tiba sesuatu mengingatkan saya kepada mimpi saya tersebut. saya bertanya pada diri saya dan merasa bahwa saya bisa mewujudkan impian saya yang tertunda tersebut. saya mengambil berbagai tindakan yang diperlukan dan sekarang... saya sudah memulai kursus biola saya :p saya juga tengah googling untuk membeli tin whistle. closer myself to one of those dream at my wishing book. 



quotes from albert einstein:
- Logic will get you from A to B, imagination will take you everywhere.
- Imagination is everything. It is the preview of life's coming attractions.
- Imagination is more important than knowledge. Knowledge is limited. Imagination encircles the world.

3 comments:

Eddy Fahmi said...

when i was a child, my dream was being a pilot. a fighter jet pilot, precisely. but uhmmm... that's not easy, hehe :D

tjahaju said...

@fahmi: mmm... nek gitu go to the next dream aja, sapa tau lebih easy :D

CacingKepanasan said...

Dulu waktu kecil saya berpura-pura menggenjreng gitar, sekarang saya benar-benar bermain Gitar :D