Wednesday, February 8, 2012

i am sherlocked

thanks to bloody tumblr that makes me know this bbc serial. sherlock. a new sleuth for the 21st century. the modernized version of the sir arthur conan doyle characters.


saya mulai mengenal sherlock holmes ketika masih sma, dari perpustakaan cece lina. saya meminjam dan membaca semua novel sherlock holmes. that was so fascinating. satu buku terdiri dari beberapa kasus yang diceritakan kembali dari sudut pandang dr. watson. dari membaca novel tersebut saya mendapat kesan bahwa sherlock adalah seorang jenius yang mampu mengamati *bukan melihat* hal-hal remeh secara detil, seorang pemikir serius misterius yang seringkali larut dalam lamunannya sendiri dan menghilang beberapa hari ketika memecahkan kasus misterius. seorang yang perhatian terhadap klien-nya. seorang berkepribadian koleris kuat. physically, sherlock bertubuh jangkung, berwajah tirus dan pucat.

watson (jude law) and sherlock (robert downey, jr) - hollywood version
gimana dengan film sherlock holmes yang diputar di bioskop dan diperankan robert downey, jr. menurut saya, secara setting lokasi sesuai dengan novelnya, old london dengan kereta kuda... oh i love old city romanticism. karakter sherlock disini agak di-modify menjadi seorang koleris yang cenderung sanguinis. physically pun dia lebih berotot daripada yang di novel. have a sense of humor. a lot of action dan jago tinju, yang lucunya saya tidak mendapatkan kesan itu di novel. sepertinya dia seorang pemikir yang menghindari pertarungan fisik. well, it's very hollywood though. yang saya kurang suka disini sherlock tidak punya aksen british. 

watson (martin freeman) and sherlock (benedict cumberbatch - bbc version
sekarang sherlock versi drama bbc terbaru dan diperankan benedict cumberbatch... secara modifikasi karakter hampir mirip versi hollywood. koleris yang cenderung sanguinis, tapi lebih cuek dan suka pamer. physically so much alike di novel, jangkung, berwajah tirus dan pucat. consulting detective he called himself, he said the only one in the world and he's the one that invented the job. dan uniknya disini karena it's 21st century sherlock, everything is very today. they use smartphones, laptop, microscope, texting, emailing, gps-ing and all the technology, you name it lah. to be surprise, in here he also has a blog!!! 
and since it's 21st century juga, saya acungkan jempol buat tim kreatif serial bbc ini. kenapa? just go to sherlockology website, dan pertanyaan anda akan terjawab. ada link ke blog sherlock 'science of deduction' dan dr. watson seperti di serial-nya. yup, instead of ngetik pakai mesin ketik untuk diterbitkan jadi buku, disini  dr. watson memposting kasus sherlock ke blog! dua jempol buat tim kreatif yang seolah-olah membuat kita berpikir sherlock is real, near and among us *ya ga deket banget sih, saya di indo, dia di london* padahal sejatinya dia hanyalah tokoh fiktif ciptaan sir arthur conan doyle.

anyway, as i said on my title post, i am sherlocked. versi yang ini british banget and i like it. saya hampir selesai menonton dvd serialnya *season 1 + 2* untuk kedua kalinya. mendownload soundtracknya and personalize it for my phone. visit blog sherlock dan dr. watson kalo lagi iseng.
last but not least.... i'm so looking forward for season 3 released. kapan ya?

3 comments:

sandynata said...

baru sempet nonton 1 episode, dan keren!!!

CacingKepanasan said...

Hmm Sherlock "You have the supply, new you require the demand. A war with everyone... a world war."

Waktu ngomong sama si morriarty

tjahaju said...

@cacing: pas di rooftop st. barts hospital ya?