Monday, June 19, 2006

Ngga Suka Pedes

Chitchat tentang rasa pedes... Rasa pedes tu serasa menyiksa diri sendiri, menyiksa indera perasa dengan suatu rasa yang menggigit, kayak kebakar gitu. Sejak kecil Dian anti makanan pedes. Tiap kali kena rasa pedes, langsung deh melet di wastafel, kasih P3K = Pertolongan Pertama Pada Kepedesan, dengan cara menjulurkan lidah di tengah kucuran air bersih yang menyegarkan sampe rasa pedesnya berkurang. Hiperbola banget ya... tapi ini beneran terjadi, sampai sekarang pun kadang-kadang Dian juga masih gitu ^_^

Mama-nya Dian dulu kalo masak ampe disendiriin antara yang ga pedes ama yang pedes. Bahkan sambel juga disendiriin, antara sambel ga pedes (bingung ya?! ni sambel rasanya manis) ama sambel pedes. Akhirnya mama udah ga sabar lagi, katanya repot kalo disendiriin gitu. ga ada lagi deh yang namanya diskriminasi rasa... hiks hiks. Mungkin aslinya masakan mama ga pedes banget ya... tapi udah dasarnya Dian ga suka pedes, pedes merica dikit aja Dian udah protes. "Kalo mau ya makan, kalo ga mau ya ga usah makan", kata mama waktu itu. Hiks hiks *ratapan anak kandung* Kejadiannya sewaktu Dian masih SD.
Jadi pertamanya Dian kecil keukeuh ga nyentuh sayur ato masakan yang berasa pedes, makan nasi ama lauk doang ga pake sayur. Paling susah tuh kalo mama masak bali telor ato krengsengan daging, hiks hiks... ga ada lauk alternatif, akhirnya milih makan nasi ama krupuk doang. Kalo lagi ga males ya nyeplok telor ato masak mi instant.
Pernah juga Dian kecil demo ga mau makan coz masakannya pedes. Kalo mama lagi baek, dibeliin makan diluar ato dimasakin mi instant. Kalo mama lagi bete dan Dian kecil keukeuh ga mo makan... bisa seharian tuh demo ga mo makan sampai malem trus tidur tanpa makan nasi (tapi banyak minum). Kalo aksi demo-nya ga kuat... terpaksa beli krupuk, makan nasi ama kecap T_T

Pernah nih, pas Dian kecil lagi laper-lapernya dan mencoba bergaya McGyver mo ngakalin rasa lapernya... Dian kecil memasak telor ceplok... udah beli krupuk, siapin nasi di piring, taroh telur ceplok bikinan sendiri diatas nasi, tuangin kecap manis biar sedep... mmmhh, lagaknya udah kayak pembawa acara masak di TV tuh. Everything was so perfect.. sampe akhirnya pandangan mata Dian kecil tertuju pada sesuatu yang menghiasi hidangannya. Sesuatu yang ... "apaan nih", Lekat-lekat Dian kecil memperhatikan... mengingat-ingat proses memasak sampai penyajian yang telah dilakukan... menganalisis... mengevaluasi... mencoba menyimpulk... AARGGGHH.. SIALAAANN!!! Botol kecapnya kemasukan CICAK!!! Huh... udah capek-capek masaknya. @#*$%. Ga pernah ada kan dalam sejarah masak manapun yang menghias hidangan dengan bangkai cicak!! ilfil dah, Dian kecil ga jadi makan, yang ada malah diketawain orang serumah T_T

Mencoba mengakhiri penderitaan, Dian mulai coba masakan mama yang pedes. Dibetah-betahin ama pedesnya, dengan hasil... udah ambil makan sepiring penuh, yang dimakan cuma 3-4 kali sendok, trus abisin air minum satu ceret... kenyang dah *kenyang minum* sambil dimarahin mama gara-gara makan ga diabisin.
Lama kelamaan ni lidah udah bisa adaptasi, sedikit kompromi ma mama kalo masak jangan pedes banget... jadinya sedikit-sedikit Dian udah brani ngerasain pedes *hore*
Tapi Dian tetep NGGA SUKA PEDES sampe sekarang. Kalo beli bakso aja ambil sambel dikiiiit banget, cuma setengah pucuk sendoknya. Hehehe...
Ngerasain pedes bagi Dian merupakan hal yang occasionally. Sesekali aja lah makan pedes, biar dapetin sensasi yang lain. Mmh.. seperti halnya sesekali aja nonton di bioskop. Makanan pedes enak juga, tapi ga terlalu selera ama rasa pedesnya *ssrrgghh*

8 comments:

Anonymous said...

Memang "si pedes" binatang jahat karenanyalah aku jadi punya magh, pernah tipes... weks.. (LOL krn gak penting)

berarti aku gak salah masih punya orang yang "waras" berkata kalo pedes itu gak enak wakakakakakakak...

hiking said...

wkakakakaka //sambil guling guling
makan ama cicak

Anonymous said...

aduh sweetiee... ga tau mo kasi comment apaan. abis dai meeting.. masiih blank pikiran...hiks.. hasil meeting masih blom jelas juga.. nih investor mintanya yang aneh2 n ga masuk itungan bisnis sama sekali .. lg mikir srategi apaan yg bisa buat ngadepin investornya.. sori yah.. laen waktu deh biar bisa kasi comment yg lebih "HOT" se hot-nya cabe.. heheheheh

mata said...

mata suka pedes....

enak lagi...tapi kalo terlalu pedes ngga suka dah...kalo makan gorengan ya harus pake cabe rawit...gitu maksudnya biar lebih pas dan ada pasangannya :P

Anonymous said...

He...he....cicak ato ce'ce'k??? yah anggep aja sama kan lumayan jg rasane....ato mungkin gara2 km mengkonsumsi cicak yg penuh dg gizi sjk balita makane tinggimu jd over height????

Anonymous said...

He...he....cicak ato ce'ce'k??? yah anggep aja sama kan lumayan jg rasane....ato mungkin gara2 km mengkonsumsi cicak yg penuh dg gizi sjk balita makane tinggimu jd over height????

Anonymous said...

wih iku cicak'e kok iso nang botol kecap. wekeke pengen dijadikan lauknya mbk dian heuheuhuehue.
pedes enak loo tp skr aku ga boleh maem pedes2 :(

mr.dadang said...

Tante, kalo bikinin dadang rujak cingur jangan pedes ya... sekalian 2 porsi dijadiin satu biar ngga nambah2. sama yang terakhir, dadang ngga doyan cicak. jadi, cicaknya buat jangkung aja.