Monday, July 10, 2006

mendingan Gatotkaca

Superman Returns y'all. lately, most people have a chitchat bout Superman, including people-people di sekitar Dian. ada yang sibuk convert dvd Superman ke vcd. ada yang ngajakin nonton. ada yang diputer di tv (kemarin tuh di trans tv) wah mama-nya Dian ga ketinggalan, demen banget nonton Christopher Reeves, bahkan kasih koment "eh sing dadi superman sing saiki mirip Christopher Reeves yo". oia, bahkan wafer superman muncul lagi di iklan, wafer jadul iku.
Dian ndiri blom nonton Superman Returns. ga terlalu pengen sih. lagian critanya paling yo standard, clark kent ama lois lane *iyo lah, masa clark kent ama dian*

yup... daripada Superman, mendingan Gatotkaca (baca: Gatutkoco). satria pringgadani, otot kawat, tulang besi, bisa terbang, sakti mandraguna. seinget Dian di pelajaran bahasa daerah di SD ama cerita naratif dari mama ato dari eyang, Gatotkaca tu anaknya Werkudoro alias Bima (anak kedua di urutan pandawa lima) ama Dewi Arimbi. lahir dalam keadaan bungkus (masih terbungkus plasenta), trus ada salah satu dewa yang merasuki dia sampe akhirnya bisa nyobek bungkusannya. lahir dengan nama Bambang Tatuka ato Tetuko *kayak nama kakak tingkat Dian, paling maksud ortunya biar dia segagah Gatotkaca kalik*, Gatotkaca kecil diambil para dewa untuk membantu meredakan kekacauan di (mana lah, lupa aku). oleh para dewa Gatotkaca langsung dibikin besar *wauw, apanya ya* he3x, ya badannya lah... Gatotkaca tu langsung dibikin gede dan diberi kesaktian, dia juga punya senjata Godo Rujakpolo (Dian blom tau kenapa kok namanya kayak gitu).

Dian inget di kaset video beta, wayang orang gitu, ada Gatotkaca nya. ada scene disitu dia ketemu ibunya Dewi Arimbi lagi nangis ama bapaknya Werkudoro. karena bahasa jawa alus, Dian kecil ga tau critanya... Dian kecil cuma niru kostum ama sok-sok nari kayak Dewi Arimbi, pake jarit, pake selendang... kakak-nya Dian, niru Werkudoro ngrangkep Gatotkaca, pake selendang, pake tas ransel (pura-puranya sayap yang dipake Gatotkaca), ama bawa-bawa kemoceng (maksudnya kemoceng tu Godo Rujakpolo-nya)... berdua main bareng dengan ending cerita Dian kecil nangis gara-gara kena gebuk Godo Rujakpolo. anyway, back to our topic... tadi ublek-ublek Google, Dian baru ngerti maksud scene wayang orang di kaset video (skarang kasetnya dah rusak, ilang malah). jadi Dewi Arimbi tu nangis sedih karena Gatotkaca diambil para dewa ketika dia masih usia bayi, masih lucu-lucunya, namanya juga ibu... Dewi Arimbi sedih karena dalam usia dini, Gatotkaca udah diberi tanggungjawab besar dengan segala kesaktian yang dianugerahkan padanya. tapi Werkudoro, sebagai bapak ngerasa bangga anaknya jadi jagoan yang bisa diandalkan. lah Gatotkaca nya ndiri gimana... Dian blom nemu referensi-nya tuh, keburu kena Supermanisasi.

sayang Gatotkaca kalah komersil ma Superman. padahal menurut Dian nih, Gatotkaca lebih banyak keunggulannya dibanding Superman.
1. dari kekuatan, mendingan Gatotkaca, biarpun ada batu krypton doi mah adem ayem aja.
2. dari kostum, mendingan Gatotkaca banget... doi ga pake kolor di luar.
3. dari koreo, mendingan Gatotkaca bisa nari-nari, kalo Superman mah dramatisirnya cuman muter-muter di box telepon ganti kostum.
4. dari trademark, mendingan Gatotkaca dengan kumis rapi tebel-nya... lebih keliatan sangar, daripada jambul kriting huruf S di jidat Superman.
5. dari simbol di dada, mendingan Gatotkaca ama tanda bintang di dadanya, daripada huruf S nya Superman. mmh, tanda bintang Gatotkaca pasti ada makna tesiratnya...
6. dari merchandise, mendingan Gatotkaca. nah kebayang ga gimana anehnya Superman kalo dibikin dalam bentuk wayang golek ato wayang kulit.
7. Gatotkaca... i miss you.

ps: Itali menang y'all. congrats deh ^_^

13 comments:

thuns said...

kan udah aku bilangin, mendingan superthuns reman

:)) nyahahaha

wedhouz said...

7. Gatotkaca... i miss you.

ehm... i'm here babe :-P

piter said...

hula mbak dian (boleh panggil mbak? ato mbok? huehehehe), iya si, aku jg ga tlalu suka superman, sukanya spiderman (sama peter nya), tp masa gatotkaca ga ada kelemahannya si?

Spedaman said...

duh Chitchat seneng bgt sama Gatotkaca niy,,,
dari pada Superman, Batman, Spiderman,,,
lebih baik Spedaman!!
wakakaka...

deep_track said...

wa... sayang akhir kisah gatotkaca bukan happy ending sih. tapi.. sip. cinta produk dalam negeri.

zam said...

wahaha...

dasar boyo..
sing nangkring nang kene lanang-lanang tuwekan ra payu lagi mencoba merayu..

wakakaka..

eh, tau ndiri lah bangsa kita masih suka sesuatu yg bebau "luar negeri". padahal cuman baunya doank.. kagak mampu ke luar negeri..

nek aku lebih ngefans Buto Cakil.. Wahahahahaha

tjahaju said...

thuns ^^ *ngebayangin kostum superthuns reman* ih kayak apa ya, ha3x

wedhouz ^^ owh really... Gatotkaca kan bukan kambing :-p

piter ^^ spiderman lebih masuk akal drpd superman. kelemahan gatotkaca... apa ya *mikir* kalo bulu keteknya dicabut kalik, he3x

siDhaniNih ^^ btw, gatotkaca bisa naek sepeda ga ya , hi3x

deep_track ^^ yo'i dip

zam ^^ iyo i, arek lanang2 kie podo sirik ma Gatotkaca kalik.

jenengku denny said...

bener...pinteran gatotkaca daripada superman
buktintya gatotkaca pake clana dalemnya nggak diluar kaya superman *whuaa...huaaaa*

kaze said...

aku suka dua2nya. Cm di Superman returns emank PARAH! mau marah aku liat super hero kesayanganku jd ancur imagenya T_T

Btw, ini Kaze dr Blogawards 2006. wekekekek

Anonymous said...

N1n4 say...
Hr gn ad gatotkaca..pa ga kalah saingan tuh ma superman >:).Ngeliat Gatot kaca kyk ngeliat wayang..hihihi..Ngantuk yan.Eh tp boleh jg tuh, sp tau dgn tampang plus kumisnya bikin org jatuh cintrong hahhahhaha.....

iGa said...

wiiih jangkung mulai mencintai produk lokal
simbah bilang "nguri-uri kabudayan jawi" hehehe

btw nama anak pertamamu nanti jadi alfa ato arjuna, yudistira,ato burisrowo..hehehehe

Jojon said...

tau nggak kenapa gatotkaca nggak setenar superman?
karena gatotkaca nggak bisa bahasa inggris. itu jah!
nyari kerja aja musti bisa nulis lamaran pake bahasa inggris, apalagi mo jadi selebritis/superhero dunia!

Anonymous said...

Ngefans sama Gatotkaca? Nggak banget dech... Kamu tau nggak kalau sebenarnya mas Gatot itu dilahirkan sebagai raksasa, jadi mukanya jelekkkkk, makanya dia dikasih topeng oleh dewa apa gitu, sehingga kelihatan ganteng en gagah. Makanya mas Gatot benci banget sama Peter Pan, karena lagu : "Tapi buka dulu topengmu...." hehehehe. Kalau nggak percaya tanya aja ama ki dalang, nih saya kasih slah satu source-nya :

http://joglosemar.co.id/wayang_kingdom/pringgandani.html