Saturday, July 7, 2007

untuk siapa?

lagi musim penerimaan siswa baru (PSB) di SMP, SMA ama SMK. dengan ada-nya sistem online which is http://psb-online.or.id ato kalo kota Malang di http://malang.psb-online.or.id, ya sedikit banyak menambah pemasukan buat kantor-nya Dian, yang sedikit banyak juga bikin Dian setengah repot juga sih coz beberapa hari kemaren koneksi sempat down dari Telkom.

ada beberapa adek2 kecil yang minta tolong diliatin Hasil Seleksi sementara. lucu deh kalo liat ekspresi-nya, antara harap-harap cemas, ama takut n malu-malu masuk ke warnet mungkin karena mereka masih baru ama dunia internet (kasarnya sih masih gaptek). kan ga smua sekolah nyediain pelajaran praktek komputer yang canggih dengan fasilitas internet.

anyway, yang bikin Dian heran... kok yang tiap kali dateng ngliat hasil seleksi secara online lebih banyak wali murid daripada calon murid itu sendiri. yup, banyak ortu alias bapak2 ama ibuk2 yang begitu dateng ambil no PC ga lama kemudian balik lagi ke meja Dian dan minta dibantu buka web psb-online. ini nih yang tadi Dian bilang setengah repot, coz Dian mesti kasih kursus kilat internet ke para ortu buat liat psb-online. apalagi kalo mereka datengnya bersamaan udah deh Dian seliweran sana-sini.
apalagi kalo para ortu itu pake acara curhat tentang sistem yang ada plus hasil seleksi sementara yang bikin mereka deg-deg an ama hasil pastinya (udah kayak yang ikutan MamamiaShow aja tuh), huaaaa.... curhat on air boo'.

salut aja deh ama adek2 yang dateng sendiri ato ditemenin ortu-nya buat liat hasil seleksi sementara. kalo liat yang dateng ortu nya doang... byuh.. udah malem2, dingin2 gini, trus don't know what to do pula.. wedew... abot2e ate nyekolahno anak nang negeri biar dapet murah. tapi si anaknya kemana ya?

apa karena sekolah negeri itu murah, so bapak2 ibuk2 getol banget ngliat kemungkinan anaknya masuk negeri apa ga. sekiranya pilihannya ga memungkinkan masuk negeri, biar bisa cepet2 ambil formulir lain and naroh di pilihan sekolah negeri lain yang memungkinkan dengan danem anaknya... bukannya meski negeri skarang uang gedung nya juga mahal?

apa karena si anak ga bebas nentuin pilihan dan masih ortu yang turun tangan memilihkan segalanya demi kebaikan si anak. si anak tau jadi dan tinggal sekolah... emangnya knapa klo si anak ga mau di negeri and lebih prefer di swasta coz dia interest ama ekskul ato apa nya lah.

lah sekolah itu nanti nya untuk sapa? yang ngejalanin kan juga si anak itu sendiri... untuk masa depan si anak juga. mesti ada komunikasi nih antara anak tentang bakat dan minat nya dengan ortu tentang pendapat serta pengalamannya... mesti nya sih... biar ga pada jalan ndiri-ndiri trus.. pokok e sekolah, belajar yang rajin.. wedew...
kalo melakukan sesuatu tanpa paham tujuannya... gimana donk... pokok e sekolah dapet ijasah...

9 comments:

w@hyu said...

mungkin saking perhatiannya kali ya sampai2 orang tua itu yg bela2in ngeliatin hasil ujian anaknya. atau mungkin juga karena anaknya pada deg2an nunggu hasil dan takut ngeliat sendiri hasilnya, makanya minta tolong sama ortunya :)

tapi seharusnya untuk urusan yg spt ini gak usahlah ngerepotin orang tua lagi. urus sendiri bisa kan yah :)

mr.cappuccino said...

sepertinya minat belajar anak2 sekarang sudah berkurang... saatnya para ortu bekerja keras utk tidak selalu memanjakan anak2nya.

ecca said...

Wah kalo aku tak kasih tau dulu enak gak nya di negeri ato swasta baru tu dd kuw milih maw na sekolah dimana. tapiii aihhhhhhhh mahalnyaaaa uang gedung ma spp perbulan huwaaaaaaaaaaaaaaaaaa mahallllll muahallllllll

zam said...

wkwkwkwkkwkw..

mo sekolah di mana, yg penting mah lulus..

:-"

*padahal cuma mo pamer doank.. kabur*

mata said...

sekarang enak di. lha jaman mata sekolah dulu. harus mondar mandir sekolah kalau mau lihat jurnal :(

aribowo said...

ya buatin aja semacem panduan singkat, cetak banyak2 trus tinggal kasih ke mereka yang mau nanya

kreaziku said...

mbak... boleh minta no.hapenya ga'...??? :D :">

noki_afandi said...

sama2 klau udah ngotot klau anaknya ga ada itu tambah susah lg. ya sekalian pembelajaran biar tahu internet. he...he..

Bussy_Boy said...

wah... wah.... repot juga ya.... tahun ini makin repot segalanya.... bingung nih.... mau masuk sma mana... apalagi kalo danemnya kecil T_T hiks... kayak aku.... kecil banget.... trus mau masuk sma mana??