Monday, December 3, 2007

Malang, colonial city



"bangunan iku dibangun pas jaman londo, sampe saiki sek awet soale bangunan gaweane londo iku apik, kuat ga gampang rusak".


*"bangunan itu dibangun ketika jaman belanda, hingga sekarang masih ada karena bangunan buatan belanda itu bagus, kuat ga mudah rusak".
(begitulah penjelasan Papa sewaktu Dian kecil bertanya-tanya tentang bangunan yang bentuknya unik).

saya menyebut Malang sebagai kota kolonial karena perkembangan Malang sangat pesat pada masa kependudukkan pemerintahan kolonial Belanda. ya setidaknya itu yang bisa saya simpulkan setelah mempelajari sejarah kota Malang sebagai bagian dari tema Tugas Akhir saya.

berbicara tentang pelestarian budaya... pasti nyambungnya ke pelestarian kesenian budaya. tapi buat saya, pelestarian bangunan kuno juga sama pentingnya, coz bangunan kuno bisa dijadikan pusaka cagar budaya yang juga mampu memberi sumbangsih sebagai daya tarik kota. secara... mengingat perkembangan jaman yang berorientasi pada perkembangan ekonomi, keberadaan bangunan kuno skarang ini terancam untuk terdemolisi, ga tau itu jadi bangunan ruko, ato jadi real estate.

kota Malang sarat akan bangunan kuno peninggalan pemerintah kolonial. bukan berarti saya lebih membanggakan mereka, tapi apa yang menjadi peninggalan mereka merupakan suatu bahan pembelajaran yang sangat bermutu. tidak hanya sebatas bangunan tunggal, tapi juga sekelompok bangunan, bahkan kawasan, bahkan (lagi) skala kota. secara konsep perencanaan OK, secara implementasi OK, secara kompetensi dengan perubahan jaman pun OK. cuman sayang secara SDM-nya ga banyak yang memiliki kesadaran mempreservasi itu semua.

so... dengan niat berbagi pengetahuan umum, kayaknya asyik nih kalo share tentang Malang tempo doeloe. kalo bahasa ilmiah di skripsi-nya gini, guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam tindak pelestarian dan penghargaan terhadap peninggalan sejarah lokal kota-nya. hekekeke...



demolisi: dibongkar, dihancurkan
preservasi: pelestarian

11 comments:

ario said...

Pertama..
Iya emang bangunan buatan Belanda harus kita akui lebih baik, bagus dan kuat. Mereka juga membuat sesuatu dengan memikirkan kedepannya.

Klo bangsa Indonesia ???

Anang said...

kereta lori yang pernah dibikin belanda kaya dieropa malah diilangin ama kita-kita.. lihat sekarnag transportasi massal mandeg.. macet total dimana2.. salah sapa coba...

zaM said...

paling nggak udah ada yang pada sadar, kalo semakin banyak yang sadar, gampang untuk merubah menjadi tindakan, karena ngeri lihat perkembangan kota malang sekarang, icon-icon kota pariwisata, kota pendidikan sudah mulai berubah menjadi kota industri, kota kapitalis

c-yakuw said...

jadi tanen malang huihui... :D

eRween said...

psikopat dian tjah ajur..he he he kabur*

kuncigerbang.com said...

emang yang bikin bangunan belanda dulu sapa yah???

mitora in life said...

makanya suka banget ngeliat sisi Kota Malang di kawasan Ijen... ^_^

sandynata said...

kemaren sempet liat2 koleksi photo jaman kolonial, wuih... bener2 deh, kota Malang tuh mirip kayak countryside di eropah.. bersih, rapih, bangunannya bagus2, trus.. trus.. pedestriannya itu loh.. nyaman banget buat pejalan kaki.. malah ada beberapa photo sudut kota yang kalo misale kita nggak tau itu photo Malang tempo doeloe pasti dikira itu daerah di eropa deh..

sekarang? ruko dimane-mane!

btw, jaman jepang, balaikota pernah di bom hancur, dan direnovasi lagi sesudahnya

CacingKepanasan said...

Mana oleh2'y :D

zam said...

waaa..

bangunan tua!!

heritage!!

saya CINTA BANGUNAN TUA!!

saya suka banget liat arsitekturnya, ornamennya, dan cerita-cerita sejarah di baliknya..

di Jogja ini cukup banyak juga bangunan tua, namun kondisinya memprihatinkan..

Kota Lama Semarang, Kota Tua Jakarta, Kota Tua Surabaya, I really love it..

kapan-kapan kalo saya ke malang, ajak ke situ aja ya.. :D

Anton said...

Sekarang masih bagus lah nilai historis malang masih ada,seperti kota yogyakarta. Jangan sampai seperti kota jakarta yang nilai historisnya mulai hilang dengan seiring makin banyaknya mall dan gedung". Sepertinya malang bisa berpotensi seperti kota jakarta :D sekarang ajah udah banyak dibangun mall" / ruko". Ini merupakan tugas Pemkot untuk menyelamatkan nilai historis dari kota malang. Agar supaya anak cucu kita masih bisa melihat secara langsung banguan historis kota malang :P