Monday, April 23, 2012

wayang kakung

*postingan pertama dengan tampilan dashboard blogger yang baru*

wayang orang bukanlah tontonan baru buat saya. mengapa demikian, bisa jadi karena saya berasal dari keluarga berkultur jawa :p pertama kali saya mengenal wayang orang adalah dari sebuah video beta wayang orang milik orang tua saya. kemudian sesekali gedung kesenian dekat rumah saya menggelar ketoprak atau kompetisi sendratari. tapi itu sudah jaman baheula sekali.

kebetulan beberapa tahun terakhir saya bekerja di jakarta. dari hasil penjelajahan jakarta, saya mengetahui ada gedung wayang orang bharata di bilangan senen *which is lumayan effort dari tempat saya kost* untuk bernostalgia memori masa kecil saya dan karena memang saya suka, ditambah juga saya ingin mengasah dan melestarikan keterampilan bahasa jawa saya, sesekali saya niatkan diri saya untuk pergi nonton wayang.
karena jam pertunjukkannya di malam hari, saya selalu mengajak teman untuk menemani pulang malam :p tapi yah, tidak semua teman saya memiliki hobi dan minat se-nyentrik saya, jadi saya tidak bisa sering-sering nonton wayang. bahkan saya sudah absen nonton hampir tiga tahun. pertama nonton sekitar agustus '09 dan terakhir nonton itu tanggal 3 oct '09, kalau tidak salah lakonnya garuda pancamaya. ha3x, sudah lama ya. 

beruntunglah mereka nge-blog juga, jadi saya mendapatkan informasi yayasan wayang orang ini dari blog multiply-nya mereka *sekarang sudah ndak upate sepertinya*. mengikuti perkembangan jaman, sekarang mereka berpropaganda melalui facebook dan twitter, jadi saya masih terus follow jadwal pertunjukkan yang di-publish. sebenarnya saya mengincar nonton salah satu pertunjukkan mereka yang unik yang fotonya pernah diposting di multiply-nya *sekitar mei '09*, which is: wayang kakung, dimana lakon wayang diperankan oleh seniman wayang pria, bahkan untuk lakon perempuan sekalipun, seperti dewi atau putri kerajaan nya. 

pucuk dicinta ulam tiba. ternyata tahun ini mereka menggelar wayang kakung lagi, dalam rangka merayakan hari kartini yang jatuhnya pas hari sabtu, 21 april, which is sesuai dengan hari pertunjukkan, ha3x. saya rsvp tiket-nya sejak 2 minggu sebelumnya. denger-denger sih tiketnya memang sudah sold-out sebelum pertunjukkan dimulai. wow! bahkan, sepertinya sekarang tiket pertunjukkan harus dipesan jauh-jauh hari jika anda berniat nonton. sudah ndak bisa go-show seperti dulu lagi. bravo nih tim propaganda nya.
(left) my first time watching wayang, 2009
(right) recently, 2012
masih dengan lakon berjudul bambang pramusinto, saya senang kemarin bisa nonton langsung. meskipun saya ndak ngerti dunia artis wayang orang, sepertinya pertunjukkan kali ini banyak melibatkan bintang tamu senior-senior wayang orang, tidak hanya dari yayasan gedung bharata, tapi juga yayasan wayang orang lainnya seperti dari solo, malang, dll. whatever lah, yang jelas they all awesome! ada juga bintang tamu selebriti yang saya kenal namanya, yaitu ari tulang dan denny malik. penasaran? ini foto-foto dari kamera saya yang dijepret oleh teman saya.
(1) sambutan pembuka, (2) tari kebyar
(3) prajurit wanita kerajaan buluketigo, (4) garwa/selir  raden harjuna
*semua diperankan wayang kakung/pria*
(kiri atas) dewi nawang wulan, dewi pramuwati bersama mbok emban
(kiri bawah) ari tulang sebagai dewi sembadra *hijau* & denny malik sebagai dewi arimbi *merah*
 (kanan) raden harjuna & dewi tegowati
all cast.. all kakung.. happy kartini day!
sukses untuk para seniman wayang orang. pertunjukkannya keren sekali. i've been looking forward to watch it for almost three years.. and it's worth it. ha3x. next, saya ingin foto berlatar fasade gedung bharata *karena susah loh secara traffic dan jalan raya yang ramai* dan juga foto bersama pandawa dan hanoman after the show.

1 comment:

sandynata said...

nice, enjoy banget kliatannya ya :)