Sunday, January 27, 2019

jomblo harus baca ini: cara dapat pasangan

kenapa harus baca? karena saya akan menuliskan bagaimana mendapatkan pasangan. kenapa saya sok tahu? karena saya been there, done that, got the t-shirt. mungkin anda berpikir, iya saya sekarang sudah menikah, jadi gampang buat saya ngomong atau nulis kayak gini. well, fyi saya juga pernah jomblo 32tahun, mengalami patah hati, diduakan, tengsin, di PHP, ditanya mulai dari pacarnya mana sampai kapan nikah. so i am a lil bit expert on this :))

sebagai catatan tips ini termasuk relatif ya, bisa cocok dengan anda, bisa juga tidak. karena tidak semua memiliki sudut pandang yang sama terhadap sesuatu. shall we start it?


cara dapat pasangan versi tjahaju:

1. pantaskan dirimu
ini aku pernah denger dari salah satu cocotan Mario Teguh, which i find relevant enough. tanyakan pada diri anda sendiri, sudah pantaskah anda mendapatkan pasangan? apa yang membuat anda pantas ditaksir seseorang? in other words, ngaca dulu dan temukan hal positif pada diri trus maksimalkan, temukan hal negatif pada diri trus minimalkan.
contoh: kewajiban ibadah misal sholat, udah 5 waktu kah? kalo belum maka harus full 5 waktu, jika sudah maka jadikan setiap waktunya di awal waktu. misal ibadah ke gereja, tiap minggu ke gereja kah? jika belum maka ke gereja lah, jika sudah maka datanglah misa yang paling awal.
contoh lagi: belum diterima kerja, maka lakukan hal-hal yang membuat anda pantas diterima kerja. biasakan bangun pagi, mandi pagi, apply kerjaan meskipun via web kalo perlu anda dalam outfit yang seperti akan berangkat interview, kenapa? coz you are sending a good vibe when you're clicking those button.
contoh lagi ya: grooming. dandan. ojok mbambes. ya memang sih anda berpikir be myself, inilah diriku.. tapi coba pikir deh, kalau anda terlalu mbambes, apakah diri anda sendiri mau melihat diri anda sendiri?

2. miliki prinsip.
anda harus memiliki prinsip personal dalam diri anda. begitu anda memiliki prinsip, otomatis kriteria pasangan akan terbentuk dengan sendirinya. prinsip hidup otomatis juga akan memfilter para kandidat pasangan sampai ke "the one". kalo ada yang tidak sejalan dengan prinsip anda, maka dia bukan "hte one". tapi jika ada yang bisa menghargai prinsip anda, tidak mengekang bahkan bisa beriringan menjadi dewasa bersama dengan prinsip yang sudah anda pegang, maka dia layak dipertimbangkan.
prinsip tidak bisa dirubah, tapi bisa dikompromikan selama tidak melenceng jauh. bingung ya? but you will know when the time is come. be patient and strict to it.
contoh: saya memiliki prinsip pasangan saya harus seiman dan selalu sholat 5 waktu. ini prinsip yang tidak bisa ditawar. jika ada kandidat yang tidak memenuhi kriteria saya itu, ya antara saya yang mundur teratur atau dia nya yang ga tau kenapa ngilang sendiri. kompromi yang pernah saya lakukan? ya fine berteman baik dan spesial saja, tetapi akan kembali ke prinsip bahwa dia bukanlah "the one". hahaha... namanya juga masa-masa pencarian, having fun without crossing a line is a must.

3. bobot, bibit, bebet
yang ini aku ga full banget sih, karena pada dasarnya saya besar di keluarga modern yang mengutamakan kejujuran. intinya untuk decide "the one" paling tidak kita tahu bagaimana dia dibesarkan dan family value nya. apakah kita bisa fit in dan cope dengan keluarganya dan juga sebaliknya apakah dia bisa fit in dan cope dengan keluarga kita. memang yang menjalani adalah anda dan dia, tetapi bagaimanapun kalian adalah bagian dari sesuatu dan kalian harus figuring out how to make it works in the future.

4. open your heart and mind.
jangan berprasangka, jangan berpikiran tertutup, stay positive. it will make you glow from the inside. semuanya memang tidak instant ya. jika kita berusaha menjadi lebih baik, kita akan dikelilingi hal-hal yang baik. lihat sekitar, terkadang jawabannya itu sudah di depan mata, hanya saja kita tidak menyadarinya.

5. berdoa
pacaran lah sering-sering dengan Tuhan, berdoa dan ceritakan pada Nya, kandidat-kandidat yang anda temui. mintalah agar Tuhan pertemukan dan menyatukan dengan yang terbaik.

sudah... do five things above continously... and i think within 3-6months anda sudah akan merencanakan pernikahan. amiiin.. hahaha...

No comments: